Brindonews.com






Beranda Daerah BPN Bagikan 7 Ribu Sertifikat Tanah Ke Masyarakat Jailolo

BPN Bagikan 7 Ribu Sertifikat Tanah Ke Masyarakat Jailolo

Bupati Halbar Danny Missy saat menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat

JAIlOLO, BRN – Badan Pertanahan Nasional( BPN) Halmahera Barat pada  Senin(2/12/2019) secara resmi menyerahkan 7 ribu sertifikat tanah yang berlangsung di lapangan FTJ Jailolo.

Penyerahan 7 ribu sertifikat itu diserahkan secara simbolis sebanyak 300 sertifikat kepada enam desa di Kecamatan Jailolo diantaranya Desa Awer, Soakonora, Porniti, Gamtala, serta Idamdehe, Idamdehe Gamsungi, melalui penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat dalam rangka fasilitasi dan kerja sama.





Penyerahan sertfikat sendiri diserahkan secara simbolis oleh Bupati Halbar Danny Missy serta jajaran Unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)


BPN Halbar Iwan Setiawan mengatakan  penyerahan 7 ribu sertifikat oleh BPN itu melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan merupakan program nasional yang pertama kali dilaksanakan secara serentak meliputi desa maupun kelurahan.





Mudah-mudahan dengan adanya pembagian sertifikat tersebut, bukan hanya disimpan tetapi juga dapat digunakan sebagai penambahan modal usaha oleh masyarakat, ” Katanya.

Sementara hal yang sama juga disampaikan Bupat  Halbar Danny Missy, muda-mudahan dengan program tersebut  masyarakat mempunyai kepastian hukum atas tanah bangunan sehingga kedepannya tambahan kuota 9.000 sertifikat tanah yang merupakan program presiden yang dibagikan ke masyarakat dikawal secata khusus oleh Pemdes dan Camat sehingga masyarakat dapat terbantukan.

“ Saya minta kepada pemerintah Desa maupun Camat untuk mengawal sertifikat tanah untuk membantu masyarakat, ” Harapnya.





Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Hukum Kanwil BPN Malut, Sun Edi Widiyanto menjelaskan, program PTSL untuk wilayah Halbar sendiri setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan.

Dimana pada tahun 2017 target yang ditetapkan sebanyak 3 ribu bidang sementara untuk tahun 2018 sudah naikenjafi 6 ribu bidang, dan tahun 2019 sebanyak mengalami kenaikan 7 ribu bidang, Pungkasnya.

Lanjut dia, keberhasilan dalam menyelesaikan PTSL tidak terlepas dari peran aktif Pemkab Halbar dan masyarakat sehingga selain PTSL, kantor pertanahan Halbar juga menyelesaikan program prioritas di kementerian ATR/BPN yakni program retribusi tanah sebanyak 2 ribu bidang yang tersebar di 9 Desa. (Yadi/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan