Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Barat LHP Inspektorat Halbar, Semua Desa Ada Temuan

LHP Inspektorat Halbar, Semua Desa Ada Temuan

HALBAR, BRN – Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Desa Tahun Anggaran 2022 .

LHP diserahkan langsung oleh Bupati Halbar, James Uang di ruang Bidadari, Lantai I Kantor Bupati, Senin (29/01/2024)





Usai penyerahan, Bupati James kepada wartawan mengatakan, penyerahan LHP bukan menjadi Kewajiban konstitusional kepala desa dan jajarannya. Sama halnya pemeriksaan BPK terhadap keuangan daerah.

“Pemeriksan LHP desa sama dengan pemeriksaan kita di daerah oleh BPK,” ujar Bupati.

James berharap, dengan LHP yang diberikan dapat dipelajari kepala desa dan perangkatnya, karena itu potret pengelolaan anggaran dana desa tahun 2022.





“Saya berharap minimal kita meminimalisir temuan-temuan baik di kabupaten maupun dana desa, yang bersifat adminstrasi ataupun temuan yang ada unsur kerugian,” harapnya.

Plt Kepala Inspektorat Halbar, Reinhard Bunga menambahkan, penyerahan tersebut akibat dari pemeriksaan pendahuluan yang dilakukan BPK atas LKPD 2023. “Olehnya Itu, Inspektorat segera melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan desa tahun 2023,”katanya.

Dari jumlah 169 Desa di Halbar, 47 LHP Desa sudah diserahkan pada 2023. Sisa 122 Desa, penyerahan dilaksanakan hari ini.





“47 desa sudah diserahkan sebelumnya, jadi 122 Desa tertunda karena keterbatasan anggota tim, dan hari ini telah kita serahkan,”ungkapnya.

Disentil terkait data temuan, Reinhard mengaku seluruh Desa ada temuan Namun data temuan tersebut hanya bersifat adminstrasi dan material.

“Rata-rata semua Desa punya temuan didominasi pajak, berupa pajak PPN, PPH dan BPN yang belum mereka bayar,”terangnya.





Ia menegaskan pengembalian temuan diberikan waktu selama 60 hari sejak LHP diterima. (UL/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan