Brindonews.com






Beranda News Lepas CJH Menuju Madinah, Gubernur Malut Harap PHI Perhatikan Jamaah Lansia

Lepas CJH Menuju Madinah, Gubernur Malut Harap PHI Perhatikan Jamaah Lansia

MAKKASAR, BRN – Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba melepas keberangkatan 388 jamaah calon haji kelompok terbang 13 asal Maluku Utara di Aula Mina, Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat, 2 Juni.

Dalam pelepasan itu Abdul Gani meminta Pembimbing dan Pendamping Haji Indonesia (PHI) agar lebih fokus perhatikan jamaah calon haji lanjut usia.





Gubernur dengan nama familiar AGK ini mengaku sangat bersyukur dan bahagia karena semua do’a para jamaah calon haji dijabah Allah SWT sehingga mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji di tahun 2023.

“Saya bahagia karena jamaah calon haji Maluku Utara kloter 13 dapat menunaikan ibadah haji dan bergabung dengan jamaah calon haji (CJH) kloter 10 yang sudah lebih dulu tiba di Madinah,” katanya.

Gubernur Maluku Utara dua peridoe ini mengatakan, pemerintah saat ini jauh lebih responsif terhadap kebutuhan JCH. Salah satunya memberikan kelonggaran bagi jamaah lanjut usia dengan menyiapkan kursi roda baik di Indonesia maupun di Madinah.





Bentuk kepedulian berupa pemenuhan keperluan ini supaya tidak mengganggu dalam melaksanakan ibadah haji. Pemerintah juga intens memantau perkembangan kesehatan dan gizi makanan para jamaah, terutama jamaah usia lanjut.

“Harus selalu jaga kondisi tubuh dengan makan makanan yang bergizi. Selalu jaga kesehatan,” pesannya.

AGK juga menceritakan keindahan Masjid Nabawi kepada JCH. Ia bilang, menara masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW itu mulai terlihat sejak turun di Bandara Madinah.





“Disanalah tempat Rasulullah SAW berhijrah karena kelahiran beliau di Mekkah. Jika naik mobil dari Madinah ke Makkah, sering-sering buka jendela dan lihat gurun pasir yang tandus, karena gurun pasir itu pernah digunakan Rasulullah berjalan kaki,” jelasnya.

AGK meminta JCH agar selalu tidak memikirkan hal-hal lain selain ibadah haji. “Dalam hati jamaah hanya ada satu kata dan jangan pikirkan hal yang lain selain Allah SWT. Insyaallah tidak akan mendapatkan kesusahan. Jang (jangan) sekali-kali lupa melaksanakan shalat karena itu bekal utama. Jangan bawa ajimat tapi bawa hati karena perjalanan haji saudara-saudara terwujud karena Allah SWT memanggil,” sambungnya.

Sekadar informasi, total JCH asal Maluku Utara sejumlah 1.076 orang. Jumlah ini terdiri dari 680 lanjut usia. Hadir dalam pelepasan adalah Wakil Ketua DPRD Maluku Utara Muhamad Abusama; Ketua Komisi IV DPRD Maluku Utara Hariadi Ahmad; Anggota Komisi IV Ruslan Kubais; H. Ibrahim Saleh; Hj. Mukmina Yassin dan Rosyana Sarif. **





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan