Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Selatan Inspektorat Halsel Diduga Tutupi LHP Dana Desa

Inspektorat Halsel Diduga Tutupi LHP Dana Desa

HALSEL, BRN – Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, diduga menutupi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Dana Desa.

Pasalnya, dalam dua tahun terakhir Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tidak pernah menerima tembusan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Dana Desa dari Inspektorat.





Sementara, LHP atau hasil Audit rutin menjadi satu hal sakral bagi Dinas PMD dalam membina dan menertibkan adminitrasi berupa Laporan Pertanggung Jawaban para Kepala Desa.

Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halsel, Ilham Abubakar, ketika dikonfirmasi Sabtu (28/12/2023) menjelaskan, seharusnya dalam setahun, januari hingga desember pihak inspektorat harus menyampaikan hasil audit ke Dinas PMD sebagai tembusan untuk pembinaan terhadap Kepala Desa.

“Sudah terhitung 2 tahun,  belum ada penyampaian LHP Inspektorat ke BPMD. Kita mau buat pembinaan ke desa, sementara kami tidak terima hasil audit dari Inspektorat ” ungkapnya.





Menurutnya, Inspektorat harus memberikan laporan LHP ke DPMD agar dijadikan acuan untuk pembinaan desa-desa yang ada di Halsel terkait dengan temuan dana desa.

“kebanyakan temuan tersebut diketahui dari LSM dan BPD. Jangan sampai setiap pencairan dana desa, kepala desa yang perlu dibina ini, melakukan pencairan bukan untuk melaksanakan kegiatan ataupun program desa, tapi malah menutupi hasil temuan di inspektorat, ” pungkasnya

Lanjutnya, Inspektorat harus lebih intens berkolaborasi dengan DPMD untuk mengatasi masalah yang menyangkut dengan dana desa. (Awy/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan