Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Barat Pesan Bupati James saat Buka Perayaan Natal Akbar di Tabaru

Pesan Bupati James saat Buka Perayaan Natal Akbar di Tabaru

HALBAR, BRN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat menggelar Hari Natal di Lapangan Tuguis, Kecamatan Ibu Utara, Jumat malam, 1 Desember.

Perayaan Natal 2023 dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024 oleh pemerintah itu dengan tajuk Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera Bersama Bumi.





Perayaan hari besar Umat Kristiani, khususnya di Halmahera Barat ini turut dihadiri Pengkhotbah Yandi Manobe dan dimeriahkan Vicky Salamor.

Bupati Halmahera Barat James Uang mengatakan, perayaan Natal yang digelar tersebut selain untuk internal Nasrani, juga bertujuan membingkai toleransi umat beragama di Halmahera Barat.

“Saya berterima kasih sehingga momen Natal ini kita bisa meningkatkan silahturahmi dan menjaga kerukunan umat beragama ke depan,” kata James ketika menyampaikan sambutan.





Menurutnya, dengan menjaga kerukunan umat beragama khususnya di Halmahera, dapat menjaga stabilitas politik, terutama kamtibmas.

“Dengan kerukunan umat bergama, stabilitas politik dan keamanan yang baik ini menjadi modal pembangunan,” ujarnya.





Politisi Demokrat ini mengharapkan, Natal akbar yang diselenggarakan tersebut dihadiri oleh orang-orang yang beragama Islam. Sebab, katanya, juga ada acara Ceramah Akbar oleh Ustadz Das’ad Latif.

“Ini sebagai bentuk implementasi program Halbar Religius untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Halmahera Barat. Halbar selalu damai, jangan terpancing dengan isu-isu atau kejadian kejadian di luar sana,” pesan bupati.

Ketua Panitia Natal Akbar, Yoram Uang mengatakan Natal Akbar ini merupakan perayaan ketiga oleh pemerintah daerah.





“Perayaan Natal tiap tahun berbeda tempat. Dua tahun sebelumnya digelar di Kecamatan Sahu, tahun kemarin di Loloda, dan tahun ini di kecamatan Tabaru,” jelasnya.

Menurtunya, perayaan Natal dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024 oleh Pemkab Halmahera Barat ini mendapat antusias luar biasa dari masyarakat Halmahera Barat, khususnya Umat Kristiani.

“Awalnya kita rencanakan yang hadir kurang lebih 3.000 orang, tapi yang hadir lebih dari itu 6.000-7.000 orang,” katanya.





Wakil Ketua APDESI ini menyampaikan terima kasih Kepada Pemkab Halmahera Barat karena ikut berpartisipasi menyukseskan Perayaan Natal Akbar.

“Berharap toleransi antara umat bergama di Halmahera Barat tetap terjaga, dan tidak terpancing dengan isu-isu yang terjadi dari luar Maluku Utara. Baik Islam maupun Nasrani, kita adalah keluarga, satu darah atau satu gen. Kita mengharapkan tidak akan terjadi seperti kejadian tahun-tahun sebelumnya yang tidak kita inginkan bersama,” pungkasnya. **





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan