Brindonews.com
Beranda Kabar Faifiye Antam dan Pangdam Pattimura Teken Kerjasama

Antam dan Pangdam Pattimura Teken Kerjasama

HALTIM, BRN – PT Aneka Tambang atau Antam Grup UBPN Maluku Utara dan Pangdam XVI Patimura bersepakat menjalin kerjasama.

Kerjasama ini dalam rangka pengamanan proyek strategis nasional di wilayah konsesi pertambangan Antam.





Kesepakatan kedua pihak ditandai dengan penandatanganan pedoman kerja (domker). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur SDM PT Antam Achmad Ardianto dan Pangdam XVI Pattumura Mayjen TNI Syafrial di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta pusat pada 30 November lalu.

Direktur SDM PT Antam Achmad Ardianto menyampaikan terima kasih dan apresiasi terlaksananya penandatangan pedoman kerja ini.

Achmad bilang, kerjasama ini merupakan bentuk sinergi Antam dan TNI ihwal perbantuan Kodam XVI Pattimura di wilayah operasional Antam Group di Maluku Utara.





“Proyek Strategis Nasional berpotensi menjadi target ancaman dari gangguan keamanan baik dari individu maupun kelompok yang tidak bertanggung jawab. Terganggunya sektor strategis tersebut tentu akan sangat berpengaruh terhadap hajat hidup orang banyak. Pengamanan yang selama ini sudah berjalan dengan baik di wilayah entitas Antam Grup berharap berjalan dengan baik dan bisa lebih meningkat,” katanya.

Penandatanganan domker, lanjut Achmad, dimaksudkan menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan yang efektif dan sistematis untuk dukungan perbantuan Kodam Pattimura di wilayah operasional Antam Grup demi terwujudnya keamanan dan ketertiban. Juga dimaksudkan untuk melindungi dan mengamankan seluruh aset, kegiatan operasional dan produksi.

Entitas Antam Grup sebagai PSN adalah obyek vital nasional memiliki peran yang cukup strategis dalam mendorong pembangunan nasional, serta dapat memengaruhi sistem perekonomian nasional, sistem politik dan pemerintahan serta keamanan nasional.





Dalam Keppres Nomor 63/2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional disebutkan bahwa obvitnas merupakan kawasan atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan sumber pendapatan negara yang bersifat strategis.

Obvitnas membutuhkan sistem pengamanan yang lebih kuat dan didasarkan atas standar sistem pengamanan yang ketat, sehingga mampu memperkecil resiko dan dampak keamanan yang ditimbulkan akibat gangguan keamanan.

Melalui penandatanganan domker ini, sambung Achmad, diharapkan standar sistem pengamanan obvitnas dapat lebih ditingkatkan, sehingga bisa menjamin kelancaran operasional Entitas ANTAM Group.





“Domker ini merupakan turunan dan tindak lanjut perjanjian kerjasama yang sebelumnya pernah ditandatangani antara Antam dan pihak Mabes TNI,” terangnya.

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial menambahkan, kepercayaan dan kerjasama dapat berkolaborasi dengan Antam dalam bidang pengamanan. Kodam siap mengamankan Proyek Strategis Nasional khususnya PT Antam di Maluku Utara.

Diharapkan Kerjasama ini bisa dikembangkan lebih baik secara kualitas maupun kuantitas. Kehadiran PT Antam Grup diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar perusahaan dengan menjaga lingkungan.





“Kegiatan penandatanganan pedoman kerja ini menandai dimulainya kerjasama antara Antam Grup bersama Kodam XVI Pattimura,” ucapnya. **

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan