Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Pemkab Halbar Cairkan Dana Hibah Pilkada Rp 6 Miliar

Pemkab Halbar Cairkan Dana Hibah Pilkada Rp 6 Miliar

HALBAR, BRN – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, telah merealisasikan anggaran pengamanan Pilkada tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Halbar James Uang saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Jum’at, 03/ 04/2024 .





“Untuk TNI dan Polri itu sudah dicairkan anggaran pengamanan Pilkada sebesar Rp. 1 miliar, jadi sudah tidak ada masalah lagi, semua berjalan aman-aman saja,” Kata James.

James menambahkan selain TNI-Polri, anggaran Pilkada untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Halbar juga telah disalurkan sesuai permintaan kedua lembaga tersebut.

“Kemarin KPU itu sekitar Rp. 3 miliar dan Bawaslu Rp. 2 miliar. Jadi kita salurkan sesuai dengan pengajuan SPM mereka (KPU dan Bawaslu) yang diajukan oleh Kesbangpol, jadi sudah disalurkan ke rekeningnya masing-masing,” ungkapnya.





” Kemarin Bawaslu bertemu dengan saya dan mereka butuh Rp 1,7 miliar karena ada perekrutan Panwas Kecamatan, sehingga kita cairkan Rp2 miliar,” Sambungnya mengakhiri.

Sementara kepala BKAD Halmahera Barat, Sonya Mail mengatakan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sebesar 6 Miliar sudah di cairkan dibeberapa instansi yang diperuntukan untuk pengamanan pilkada

“Dengan rincian, KPU pencairan 3 miliar, Bawaslu 2 miliar, Polri 500 juta dan TNI 500 juta, ” pungkasnya.





Sonya menambahkan, pencairan anggaran tersebut telah diatur dalam Undang-undang Pengamanan Pemilu Tahun 2024, yang berdasarkan tahapan dan prosedur yang di ikuti.

“saya berharap anggarannya dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya, demi terselenggaranya pemilu yang aman dan damai,” tandasnya. (UL/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan