Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Internal Partai Demokrat di Halbar Retak, Diduga Ada Intervensi Bupati

Internal Partai Demokrat di Halbar Retak, Diduga Ada Intervensi Bupati

HALBAR, BRN – Hubungan Ketua DPC Partai Demokrat Halmahera Barat, Ibnu Saud Kadim, dan Bupati James Uang mulai retak.

Pasalnya, Bupati James Uang diduga ikut intervensi untuk menggantikan Ibnu Saud Kadam dari posisi Ketua DPC Demokrat serta unsur ketua DPRD Halbar. Bahkan Bupati juga ingin mengubah hasil rapat pleno DPC terkait pengusulan pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi ke DPP Demokrat.





Ketua DPC Halbar, Ibnu Saud Kadim menyatakan beberapa waktu lalu Bupati bersama lima anggota DPRD terpilih partai Demokrat melakukan manuver untuk menggantikan dirinya dari posisi Ketua DPC Demokrat serta unsur ketua DPRD Halbar.

“Pengusulan pergantian itu disampaikan secara lisan oleh Bupati dan kelima anggota DPRD terpilih. Namun, DPP menolak usulan tersebut karena tidak sesuai dengan mekanisme partai, baik Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) maupun petunjuk pelaksanaan dari DPP,” ujarnya.

Menurutnya, hal semacam ini hanyalah dinamika politik yang terjadi karena beberapa pihak tidak menginginkan saya sebagai ketua DPC, meskipun sudah berpengalaman selama dua periode menjadi anggota DPRD.





Menanggapi hal itu, Bupati Halmahera Barat James Uang menyebut Ketua DPC Demokrat Ibnu Saud Kadim membuat gaduh di Internal DPC Demokrat Halmahera Barat.

“Selama saya pimpin DPC kurang lebih dari 15 tahun tidak perna ada konflik. Tapi sekrang dia (Ibnu) pimpin DPC itu konflik tidak berakhir, menjadi Ketua DPC itu harus selalu menciptakan suasana keteduhan dalam organisasi, ” katanya di kantor Bupati, Selasa (4/6/2024).

James juga mengatakan, pihaknya tidak punya kepentingan apa-apa untuk menggeser Ibnu Saud dari ketua DPC Partai Demokrat. Bahkan pihaknya menegaskan tanpa Ketua DPC pihaknya masih bisa mendapatkan Rekomendasi Demokrat untuk maju Pilkda mendatang.





“Saya tidak ada kepentingan tanpa dia (Ibnu) saya dapat rekomendasi partai Demokorat, ” pungkasnya.

Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat ini juga mengatakan, ada kemungkin kelompok Ibnu Saud Kadam mengusung orang lain sebagai Calon Bupati Halbar.

“Mungkin saja kelompok mereka mengusung orang lain sehingga mencoba halangi saya mendapatkan rekomendasi di DPP dan itu tidak mungkin mereka berhasil,”tegasnya.





James juga berharap agar polemik DPC Partai Demokrat ini diselesaikan sehingga dapat lebih fokus menghadapi pilkada nanti.

Jadi saya cuma menghimbau hentikan polemik internal di DPC ini, karena sebentar lagi kita menghadapi pilkada,” tandasnya, (UL/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan