Brindonews.com


Beranda Daerah Kota Ternate Distan Pantau Hewan Qurban di Ternate Jelang Idul Adha 

Distan Pantau Hewan Qurban di Ternate Jelang Idul Adha 

TERNATE, BRN – Dinas Pertanian Kota Ternate melakukan pengawasan atau pemantauan hewan Qurban menjelang hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024.

“Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan ketersedian hewan kurban, baik sapi maupun kambing yang masuk ke wilayah Kota Ternate, ” ucap Thamrin Marsaoly, Rabu (12/06/2024).





Thamrin mengatakan kurang lebih ada 6 pintu masuk hewan ternak di Kota Ternate. Untuk itu harus ada petugas disetiap pintu masuk untuk memastikan kesehatan ternak.

” Kami  sudah melakukan pemeriksaan ternak di Kelurahan gambesi, Sasa belakang, kalumata, jati, Eks Darma Ibu dan beberapa tempat lain dan semua ternak dinyatakan layak.

Menurutnya, ternak sapi yang masuk sampai hari ini sudah 650 ekor dan kambing 735 ekor. Semua tidak dijual di ruang publik, tapi di tempat penampungan masing-masing penjual.





Lanjutnya, Dinas Pertanian juga telah melayangkan surat ke 142 mesjid dan Musholla yang menyelenggarakan Qurban, agar hewan qurbannya diperiksa.

“Untuk pemeriksaan hewan Qurban di Mesjid dan Musholla ada Tiga unsur, yaitu kondisi kesehatan hewan, umur hewan harus diatas 2 tahun, kemudian jenis kelamin hewan. Jadi sapi dengan jenis kelamin perempuan tidak bisa disembelih, bisa disembelih jika sudah tidak bisa lagi melahirkan. Nanti ada dokter hewan yang memeriksa kalau itu (Sapi betina) layak dikurbankan,” katanya.

Ia mengaku, pemeriksaan hewan qurban di Mesjid dan Musholla telah dilakukan sejak Senin 10 Juni 2024 kemarin, dan masih terus berlanjut sampai saat ini.





“Ada surat pemberitahuan yang diedarkan Dinas Pertanian ke seluruh kelurahan, penjual hewan ternak untuk penyelenggaraan qurban, dilarang berjualan ruang publik,”tegasnya (ham/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan