Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Barat Bapenda Halmahera Barat Optimis Si-Manis Mampu Tingkatkan PAD

Bapenda Halmahera Barat Optimis Si-Manis Mampu Tingkatkan PAD

Kepala Bapeda Chudzaemah Djauhar.

HALBAR, BRN – Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Halmahera Barat menggelar lomba penilaian inovasi daerah.

Kegiatan ini tindak lanjut untuk memberikan penilaian terhadap proyek perubahan para reformer, salah satunya Si-Manis yang digagas oleh Kepala Bapeda Chudzaemah Djauhar.





Chudzaemah ditemui diruanganya seusai lomba mengatakan, lomba penilaian tersebut penting dilakukan untuk mengetahui efektivitas Sistem Manajemen Pelayanan Pajak dan Restribusi Daerah atau Si-Manis. Sebab, Si-Manis adalah sistem pembayaran pajak berbasis digital atau online.

“Peserta lomba semua OPD yang ada di Halmahera Barat. Salah satu poin yang dinilai yaitu keterjangkauan. Jadi daerah-daerah yang sudah terjangkau jaringan 4G, berarti kami sudah bisa laksnakan pelayanan secara digital,” katanya, Selasa, 28 November.

Mantan Kepala BPKAD Halmahera Barat ini mengaku optimis aksi inovasi yang digagasnya itu dapat menggenjot target pendapatan asli daerah (PAD) Halmahera Barat.





“Mudah-mudahan akhir Desember ini bisa capai target 100 persen dari semua restribusi, selain restribusi pajak hiburan,” tandasnya.

Menurutnya, dari item pendapatan yang dikelolanya, pemberi pajak tertinggi adalah galian C dan sudah melampaui target. Sedangkan pajak bumi dan bangunan (PBB) masih dalam tahap penyetoran. (as/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan