Brindonews.com
Beranda News Maluku Utara Wakili Gubernur, Nurlela Muhammad Buka Rakor Kesbangpol se-Maluku Utara

Wakili Gubernur, Nurlela Muhammad Buka Rakor Kesbangpol se-Maluku Utara

TERNATE, BRN – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad, mewakili Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba membuka Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum Kesbangpol se-Maluku Utara tahun 2023 di Hotel Batik Ternate, Senin 21 Agustus.

Sambutan Gubernur Abdul Gani Kasuba yang dibacakan Nurlela menyampaikan, Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah di bagi  tiga klasifikasi; yaitu urusan pemerintahan Absolut, Urusan pemerintahan konkuren, dan urusan pemerintahan  umum.





Dalam melaksanakan urusan pemerintahannya, mempunyai unit kerja sebagai perangkat yang berfungsi membantu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di daerah sebagai upaya mendukung tercapainya visi misi pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan bernegara.

Untuk menjembatani pelaksanaan tugas menyangkut urusan pemerintahan umum dan memperkuat pelaksanaan tugas di bidang kesatuan bangsa dan politik, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019. Permendagri ini diharapkan menjadi dasar dan menjawab dinamika kelembagaan pada badan kesbangpol.

Rapat Koordinasi ini, kata Nurlela, sangat penting. Selain membahas regulasi tentang kedudukan, tugas dan fungsi Badan Kesbangpol, juga dalam rangka peningkatkan koordinasi antarsesama badan kesbangpol se Provinsi Maluku Utara.





“Apalagi saat ini kita akan melaksanakan pemilu maupun pemilukada di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku Utara,” katanya.

Kepada jajaran badan kesbangpol dapat menyikapinya melalui langkah-langkah yang lebih responsif, profesional, tuntas dan sinergis serta senantiasa melakukan koordinasi dalam penanganan berbagai permasalahan di daerah.

“Saya ingatkan kepada saudara-saudara sekalian agar bekerja dengan sebaik-baiknya, pelajari dan pahami aturan dalam pelaksanaan tugas, sehingga harapan akan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarkat di masing-masing daerah dapat terwujud,” jelasnya. **





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan