Brindonews.com






Beranda Daerah Kota Ternate Peringati HUT ke 50, KNPI Malut Tanam Ratusan Mangrove di Moti

Peringati HUT ke 50, KNPI Malut Tanam Ratusan Mangrove di Moti

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku Utara menanam 200 anakan mangrove di pesisir RT. 002, RW. 003, Kelurahan Tafaga, Kecamatan Moti, Kota Ternate, Minggu 13 Agustus.

Penanaman ratusan jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau itu bertujuan mencegah abrasi di bibir pantai Tafaga.





Ketua panitia penanaman mangrove Susilawati mengatakan, ratusan anakan pohon bakau yang ditanam itu merupakan puncak dari rangkaian memperingati 50 tahun DPD KNPI Maluku Utara.

KNPI, lanjut Susilawati, sebelumnya melaksanakan bakti sosial di Kelurahan Takofi, Kecamatan Moti pada Sabtu kemarin.

“Pagi tadi ada senam zumba dan dilanjutkan penanaman mangrove sebagai agenda puncak,” katanya.





Ketua DPD KNPI Maluku Utara Imanullah Muhammad menjelaskan mengapa Moti dipilih sebagai lokasi penanaman mangrove. Ia mengatakan, ini karena pemilik gunung Tuanane itu kerap terdampak terdampak abrasi akibat alih fungsi lahan mangrove.

“Terjadi abrasi karena reklamasi dengan alasan pembangunan,” katanya.

Selain memanimalisir keparahan pengikisan pantai, kata Imanullah, tujuan lainnya yaitu agar KNPI lebih dekat bersama masyarakat dengan banyak kegiatan KNPI difokuskan di kampung.





“Banyak agenda KNPI yang dilakukan jauh dari ibu kota, dengan tujuan untuk lebih dekat dan mendengar langsung pandangan masyarakat,” ucapnya. (mail/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan