Brindonews.com






Beranda Daerah Data Kependudukan Layanan Adminduk 3 Kecamatan Terluar di Ternate Bakal Diintegrasi

Layanan Adminduk 3 Kecamatan Terluar di Ternate Bakal Diintegrasi

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman melihat secara langsung prores perekamanan KTP elektronik dalam kegiatan Pekan Layanan Adminduk. Perkemana dilakukan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi.

TERNATE, BRN – Efektivitas pelayanan Administrasi Kependudukan atau Adminduk di Batang Dua Moti dan Hiri bakal ditingkatkan. Layanan Adminduk di tiga kecamatan terluar ini menjadi fokus dan komitmen Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Tauhid menyebutkan, Kota Ternate memiliki lima kecamatan terjauh, tiga diantaranya diakses melalui transportasi laut. Perjalanan antar kecamatan menuju pusat kota memakan waktu paling satu sampai dua jam.





“Batang Dua paling terjauh dari lima kecamatan. Waktu tempuh kurang lebih jam sekali 8 jam menggunakan kapal feri,” kata Tauhid ketika memberikan dalam Pekan Layanan Adminduk di Taman Nukila, Jalan Sultan M. Djabir Sjah, Kelurahan Gamalama, Tengah, Minggu 2 April.

Layanan Adminduk) di tiga kecamatan terluar ini nantinya dilakukan secara terintegrasi dengan layanan publik lainnya. Metode ini, menurut Tauhid, selain menghemat waktu dan anggaran, juga memberi kemudahan kepada masyarakat mengakses beberapa layanan publik dalam waktu bersamaan.

“Seluruh kegiatan pelayanan harus terselesaikan dalam satu waktu. Seluruh program OPD dilakukan secara bersama karena dengan suasana (cuaca) laut yang tidak terduga, termasuk layanan dukcapil,” sambungnya.





Tauhid menambahkan, Pemerintah Kota Ternate mendukungan dan turut mewujudkan target nasional Ditjen Dukcapil. Pelayanan perekaman e-KTP maupun penerbitan KIA dan akta kelahiran terus digenjot.

“Dukungan itu juga untuk mempercepat layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di seluruh kecamatan Kota Ternate. Kita berupaya mendorong digitalisasi dokumen kependudukan melalui percepatan layanan IKD khususnya Maluku Utara, dan Ternate sebagai barometernya,” ucapnya. (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan