Brindonews.com


Beranda Kabar Faifiye Kapolres Minta Warga Jaga Kamtibmas

Kapolres Minta Warga Jaga Kamtibmas

AKBP Setyo Agus Hermawan

HALTIM, BRN – Wacana miring rasa kecurigaan atas dugaan keterlibatan yang dituduhkan kepada warga Desa Tewil, Kecamatan Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur menyagkut kasus pembunuhan terhadap Said Muid, warga Desa Gotowasi, oleh orang tak dikenal ditakutkan berimbas luas.

Kapolres Kabupaten Halmahera Timur AKBP Setyo Agus Hermawan mengatakan, kasus pembunuhan di Kecamatan Maba Selatan yang diisukan ada dugaan keterlibatan warga Tewil tidaklah benar. Wacana miring tersebut justru merugikan pihak lain, padahal tidak ada kaitan sama sekali. 





“Terkait tuduhan-tuduhan ke mereka warga Desa Tewil itu tidak benar. Mereka dibatasi akses melaut kalau nelayan, berkebun dan kehutan, itu tidak bisa. Akan sangat merugikan. Maksud saya, mari kita samakan presepsi ya, bahwa kasus-kasus tindak pidana itu bukan kumulatif karena suku, agama, kelompok dan sebagainya. Ini karena perbuatan orang-perorangan. Jadi jangan menggeneralisir contoh si “A” lalu itu simbol dari satu kelompok, tidak,” kata Setyo, Sabtu, 28 Januari 2023. 

Setyo menyatakan, siapapun yang akan terungkap sebagai pelaku dari kasus itu jangan disalahkan kelompok lain, desanya atau sukunya. Tapi yang harus disalahkan perbuatan pelaku melawan hukum. 

“Jangan karena kita di prenk oleh suatu perbuatan tindak pidana lalu menyebar meluas menjadi suatu perseturuan kelompok. Itu yang tidak boleh terjadi. Sekarang itu yang terjadi sehingga ada keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat,” ucapnya. 





Pihak Polres lanjut Setyo, bakal bersama Pemerintah Daerah dan pihak lain akan bertemu untuk memebicarakan duduk persoalan terkait isu miring yang dialamatkan ke warga Desa Tewil. 

“Ini yang nanti kami bahas Bersama-sama dengan Pemerintah Daerah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat yang ada di sekelilngi Desa Tewil. Kasihan mereka tidak bersalah dan tidak tahu menahu tapi mereka jadi korban dari isu-isu yang beredar bahwa itu berasal dari warga Tewil,” ucapnya. 

Setyo meminta supaya wacana miring tersebut dihentikan. Ini supaya bisa saling menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas terhadap warga sekitar. 





“Bukan hanya kasus itu, kalau ada kejadian yang sama di tempat lain pun tolong jangan ganggu aktivitas masyarakat yang lain. Ini supaya kami sama-sama menjaga kamtibmas masyarakat biar aman dan kondusif,” jelasnya. (mal/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan