Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Inspektorat Halmahera Barat Optimis Raih WTP LKPD

Inspektorat Halmahera Barat Optimis Raih WTP LKPD

HALBAR, BRN – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara Gelar Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Halmahera Barat, tahun 2023.

Pemeriksaan tersebut berlangsung sejak April lalu, selama 35 hari sebelum bulan puasa.





Plt Kepala Inspektorat, Reinhard bunga mengatakan usai melakukan pemeriksaan rinci atas LKPD selama 35 hari, pihak BPK bakal melaksanakan Exit Meeting bersama pemerintah daerah pada Rabu, (15/05/2023).

Menurutnya, sebelum puasa kemarin itu ada pemeriksaan pendahuluan, dan ini pemeriksaan rinci atas LKPD, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jadi mereka melakukan pemeriksaan selama 35 hari.

“Ya, setelah mereka kembali, mereka akan menyusun LHP dan kemudian mereka akan mengundang Pemerintah Daerah untuk penyerahan LHP sekaligus pemberian Opini,”ungkap reinhard saat di temui di ruangannya.





Reinhard juga menyampaikan pernyataan Kepala BPK Perwakilan Maluku Utara pada April lalu, bahwa adanya temuan atas pemeriksaan terhadap LKPD Pemerintah Halmahera Barat, namun tidak signifikan.

“Jadi kami hanya mendengar penyampaian BPK kemarin, bahwa ada temuan tapi tidak signifikan. Pada prinsipnya jika ada yang direkomendasikan untuk ditindaklanjuti ya kami tindaklanjuti,”katanya.

Atas pernyataan Kepala BPK itu Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat optimis bakal mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI terkait pemeriksaan LKPD Tahun 2023.





“Pada intinya kita sesuai penyampaian Kalak BPK, kalau Kalak bilang temuan tidak signifikan ya kita bisa optimis WTP, tapi jika bilang temuannya signifikan ya kita ragu,”tandasnya. (UL/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan