Brindonews.com


Beranda News Maluku Utara Kejati Diminta Panggil Direktur PT. Mineral Trobos

Kejati Diminta Panggil Direktur PT. Mineral Trobos

TERNATE, BRN – Aliansi Pemuda Anti Mafia Tambang mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Maluku Utara agar memanggil Direktur PT. Mineral Trobos, Fabian Nuhusuly.

Pasalnya, PT. Mineral Trobos diduga beroperasi secara ilegal. Bahkan perusahaan ini beroperasi melewati batas wilayah konsesi.





” Kami minta PT. Mineral Trobos agar segera menghentikan seluruh aktivitas pertambangan di pulau Gebe, Kecamatan Halmahera Tengah, ” ucap Yuslan Gani saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Kejati Malut.

Menurutnya, Aktivitas pertambangan yang dilakukan PT. Mineral Trobos ini menui banyak  kritik oleh berbagai kalangan, karena selain beroperasi secara ilegal, juga  perusahaan ini belum menyerahkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Biaya (RKAB).

Sampai saat ini PT. Mineral Trobos dan beberapa perusahaan lainnya yang ada di Maluku Utara belum menyerahkan RKAB,” pungkasnya.





Lanjutnya, Berdasarkan surat teguran dari Kementerian ESDM RI dengan nomor T-5/MB.04/DBM.OP/2022 yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, Sugeng Mujiyanto pada 4 Januari 2022 lalu, agar sejumlah perusahaan di Malut untuk menyampaikan RKAB tahun 2022.

Sebagaimana Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2020 Pasal 79 ayat (1) huruf b, pemegang IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi wajib menyampaikan RKAB Tahunan dalam jangka waktu paling cepat 90 hari kalender dan paling lambat 45 hari kalender sebelum berakhirnya tahun takwim untuk RKAB tahunan pada tahun berikutnya.

Aliansi Pemuda Anti Mafia Tambang ini mendesak KPK RI untuk segera melakukan investigasi terkait dugaan aktivitas ilegal milik PT. Mineral Trobos, serta menangkap dan memenjarakan Dirut PT. Mineral Trobos karena diduga kuat sengaja menjalankan usaha pertambangan secara ilegal.





Mendesak Kejati Provinsi Maluku Utara Malut panggil dan periksa Direktur PT. Mineral Trobos, Fabian Nuhusuly. (mbg)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan