Brindonews.com






Beranda Daerah Pengelolaan Sampah Dukung Lomba Pungut Sampah, Rizal Marsaoly: Kita Siapkan Armada Angkut

Dukung Lomba Pungut Sampah, Rizal Marsaoly: Kita Siapkan Armada Angkut

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman (kiri) dan Kepala BWS Maluku Utara, Kalpin Nur (kanan).

TERNATE, BRN – Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Maluku Utara, Kalpin Nur menemui Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, Jum’at 21 Juli. Pertemuan yang berlangsung di ruangan M. Tauhid Soleman itu membahas lomba pengut sampah yang diinisiasi BWS Maluku Utara.

Kalpin Nur menjelaskan, digelarnya pertemuan guna berkoordinasi atau meminta dukungan Pemerintah Kota Ternate atas lomba pungut sampah yang bakal dihelat waktu dekat. Poin yang dibahas salah satunya lokasi lomba.





“Pertemuan tadi kita sampaikan ke pak wali kota, kalau kegiatan yang nantinya dilaksanakan itu adalah memungut sampah di dalam kali mati (dialek Maluku Utara biasa disebut barangka). Alhamdulilah respon pak wali kota sangat baik, pemerintah kota bersedia bantu armada angkut,” ucapnya.

Menurutnya, lomba pungut sampah diselenggarakan pada 27 Juli 2023 dan dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia. Khusus di Maluku Utara, difokuskan di Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara.

“Kita sudah koordinasi dengan Pak Danrem dan Pak Kapolda. Mengingat dilaksanakan di Kelurahan sangaji, maka camat, Lurah dan warga setempat kita temui dan saling koordinasikan,” lanjutnya.





Kalpin berharap digelarnya lomba ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Tidak sekadar serimoni, tetapi menjadi kegiatan berkelanjutan. Kita harus memulai dari sekarang, kalau bukan kita siapa lagi,” ucapnya.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menambahkan, pertemuan tersebut pemerintah kota diminta menyanggupi beberapa kebutuhan armada angkut.





“Saya akan koordinasi dinas lingkungan hidup supaya siapkan empat unit mobil sampah, armada roda tiga 10 unit dan satu ambulans,” terangnya.

Rizal bilang, sebagai pemerintah, bappelitbangda menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada BWS Maluku Utara atas lomba pungut sampah.

“kegiatan World Water Forum ini sekaligus kita kampanye sadar sampah di Kota Ternate. Kegiatan ini patut diberikan apresiasi,” katanya. (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan