Brindonews.com
Beranda News Bupati Halbar  Perintahkan Kadis Segera Inventarisir Kerusakan Rumah Warga Akibat Angin Puting Beliung

Bupati Halbar  Perintahkan Kadis Segera Inventarisir Kerusakan Rumah Warga Akibat Angin Puting Beliung

Bupati Halbar James Uang

 

HALBAR, BRN – Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang, meninjau sejumlah rumah rusak akibat angin puting beliung yang menerjang Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo, Selasa (16/1/2024).





Angin kencang dan hujan deras disertai petir sekitar pukul 15.40 WIT mengakibatkan 5 rumah warga dan 1 bangunan di Hetebicara rusak berat.

Bupati James ditemui wartawan usai meninjau lokasi tersebut mengatakan, angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan rumah ini tidak ada yang bisa menduga. Untu itu, Pemda  bakal menginventarisir rumah-rumah yang rusak untuk mengatahui seberapa besar kerugiannya agar memberikan bantuan untuk meringankan warga yang terdampak.

“Langkah pertama saya sudah perintahkan Kadis, Sekretaris dan stafnya di BNPB segera Inventarisir kerusakannya, barulah dilakukan langkah-langkah penanganannya,”tutur Bupati.





Ia juga mengaku sudah menjumpai pemilik rumah dan telah berkomunikasi langsung agar bisa bersabar. Namun, untuk rumah yang rusak Pemda Halmahera Barat tetap berupaya untuk memperbaiki.

“Saya juga sudah menyampaikan ke pemilik rumah agar bersabar, karena setelah mengatahui kerugian akan segera menyusun perencanaannya untuk eksekusi berdasarkan dokumen perencanaan  Penanggulangan Bencana daerah,”bebernya.

Politisi Demokrat ini juga mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam beraktivitas dalam suasana cuaca yang kurang bersahabat.





Sementara, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat, Gunawan MT Ali mengatakan, akan bekerja sama dengan pemerintah desa untuk menginventarisir rumah-rumah yang rusak.

“Agar bisa mengatahui kerugian, kami akan bekerja sama dengan Pemdes guna menginventalisir rumah rusak agar mengatahui seberapa kerugiannya,” ujarnya.

Namun, menurut dia, kejadian tadi dari data yang dikantongi pihaknya saat ini ada lima rumah dan satu bangunan tokoh warga yang rusak. (ul/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan