Brindonews.com






Beranda Kabar Faifiye Bangunan Rp2,6 Miliar Sia-sia, Pasar Jiko Mobon Dibiarkan Rusak dan Tak Terurus

Bangunan Rp2,6 Miliar Sia-sia, Pasar Jiko Mobon Dibiarkan Rusak dan Tak Terurus

Tampak depan Pasar Rakyat Jiko Mobon. Tampak semak-semak mulai menjalar ke beberapa lapak.

HALTIM, BRN – Pasar Rakyat Jiko Mobon di Desa Soagimalaha, Kota Maba, yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah bertahun-tahun tidak berfungsi. Kini, los pasar itu dibiarkan rusak dan penuhi semak-semak.

Pantauan brindonews, beberapa bagian plafon los bagi pedagang ikan mulai rusak. Bahkan beberapanya sudah ambruk dan terlihat bolong. Lantainya pun dipenuhi sampah dan rumput.





Pasar Jiko Mobon dibangun pada 2020 lalu senilai Rp2,670 miliar yang bersumber dari DAK Kementerian Perdagangan. Pasar ini dibangun dengan maksud memperlancar aktivitas pedagang ikan Desa Soagimalaha.

Tujuan lainnya yaitu untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, dan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UKM selaku OPD teknis Pengelola PAD.

Plafon los pasar ikan di Pasar Jiko Mobon yang terlihat rusak.

 





Kepala Disperindagkop dan UKM Halmahera Timur, Ricko Debeturu tidak menjelaskan ihwal kerusakan dan mengapa Pasar Jiko Mobon tidak difungsikan. Ricko beralasan, Disperindagkop dan UKM Halmahera Timur sudah membahas bersama Sekertaris Daerah Ricky CH. Ricfhat perihal rencana renovasi gedung pasar dimaksdu.

“Tadi torang sudah rapat dengan pak sekda bahas rencana renovasi. Kemungkinan besar tahun depan direnovasi dan dianggarkan melalui APBD 2024,” katanya Senin, 24 Juli 2023.

Meski mengklaim tengah dalam pembahasan, Ricko belum memastikan berapa besar anggaran pekerjaan renovasi. Pembiayaan renovasi masuk dalam skema APBD Induk 2024.





“Pak sekda so (sudah) sampaikan ke saya sebagai dinas teknis, termasuk PUPR dan Perkim untuk rencana renovasi. Kajian teknisnya ada di dorang (dinas PUPR dan Perkim),” jelasnya. (mal/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan