Brindonews.com


Beranda Advertorial 1200 Peserta Ikut Pesparawi Tingkat Provinsi Malut 2024

1200 Peserta Ikut Pesparawi Tingkat Provinsi Malut 2024

HALTIM, BRN – Sebanyak 1200 peserta mengikuti Pesparawi tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut) tahun 2024, yang rencananya dimulai pada Rabu (26/06/2024) di Buli, Kabupaten Halmahera Timur.

Ketua panitia Pesparawi Provinsi Maluku Utara, Boas Lana, SE. MSi mengatakan, 1200 peserta yang mengikuti Pesparawi tingkat Provinsi Malut, merupakan perwalian dari 8 kabupaten/kota, yakni Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Tengah, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kota Tidore Kepulauan, Pulau Morotai, dan Kabupaten Pulau Taliabu.





“Peserta Pesparawi ini hanya diikuti 8 kabupaten/kota, sementara Kota Ternate dan Kabupaten Kepulauan Sula tidak mengikuti,”ungkap Bos.

Menurutnya, dalam Pesparawi tingkat Provinsi Malut, sebanyak 12 kategori lomba yang diperlombakan. Antara lain lomba paduan suara dewasa campuran, panduan suara remaja pemuda, panduan suara anak, paduan suara pria, paduan suara wanita, vokal grup, musik gereja nusantara, musik pop gereja, solis remaja putra, solis remaja putri, solis usia 10-13 tahun, dan solis usia 7-9 tahun.

“Peserta yang juara bakal mewakili Maluku Utara ke Pesparawi tingkat Nasional tahun 2025 di Monokwari, sehingga para dewan juri didatangkan dari juri nasional,”ucapnya.





Boas menyebutkan, tujuan kegiatan ini, pertama untuk meningkatkan iman dan takwa pada Tuhan yang Maha Esa. Kedua, pengembangan bakal dan kreativitas di bidang musik, khususnya paduan suara di kalangan umat Nasrani. Ketiga, mempererat persaudaraan dan kebersamaan antar umat Nasrani/Kristen dari berbagai bedominasi di daerah Provinsi Maluku Utara.

Keempat, pelestarian seni musik gerejawi sebagai bagian dari budaya dan indentitas umum Nasrani/ Kristen, dan kelima meningkatkan kualitas panduan suara melalui kompetisi dan evaluasi oleh juri profesional.

Ia menambahkan, Pesparawi berfungsi sebagai wadah untuk menguji dan memuliakan Tuhan serta mempromosikan persatuan dan kesatuan umat.





Terkait anggaran pelaksanaan Pesparawi tingkat Provinsi Malut tahun 2024, shering antar Pemprov dan Pemda Kepulauan Halmahera Timur. Pemprov Malut menyiapkan anggaran Rp 1 miliar.

Sekedar diketahui, Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub menyerahkan piala bergilir dan diterima langsung Ketua Panitia Pesparawi Provinsi Maluku , Boas Lana SE. MSi, berlangsung di depan Gereja Sentral Buli, Selasa (25/06), dilanjutkan dengan Karnaval.(red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan