Brindonews.com






Beranda Daerah Kota Ternate Protes Bekingan Orang Dalam, Sejumlah Orang Tua Datangi Dinas Pendidikan Ternate

Protes Bekingan Orang Dalam, Sejumlah Orang Tua Datangi Dinas Pendidikan Ternate

Kantor Pendidikan Kota Ternate.

Sejumlah orang tua siswa mendatangi Dinas Pendidikan Kota Ternate pada Senin 10 Juli sekira pukul 18.30 WIT. Mereka memprotes hasil penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang dianggap curang.

Kedatangan para orang tua itu lantaran tidak terima dengan hasil pengumuman PPDB melalui jalur prestasi pada Kamis 6 Juli kemarin. Anak-anak mereka tidak diluluskan karena tidak punya bekingan orang dalam.





Salah satu orang tua siswa mengatakan, maksud dirinya bersama orang tua lainya mendatangi Dinas Pendidikan Kota Ternate itu mempertanyakan hasil pengumuman PPDB melalui jalur prestasi di SMP Negeri 1 Kota Ternate.

Anaknya, kata dia, tidak diluluskan lantaran tidak punya orang dalam. Padahal, secara akademik, akumulasi nilai anaknya 91 persen, sementara syarat jalur prestasi minimal nilai akademik 83 persen.

“Ini sudah melebihi target. Yang lulus justru nilainya tak memenuhi syarat, di bawah dari keriteria. Bahkan ada anak-anak yang lain lulus tapi digantikan dengan nama lain, yang secara zonasi pun tidak dimasuk syarat,” katanya, ketika disembangi di Dinas Pendidikan Kota Ternate seusai menggelar aksi protes.





Orang tua lainnya pun sama. Mereka sepakat akan terus memprotes panitia PPDB Dinas Pendidikan Kota Ternate apabila tidak memberikan penjelasan rinci mengenai kelulusan PPDB.

“Anak saya daftar di jalur zonasi SMP N 1 Kota Ternate dan nyatakan lulus, namun di papan informasi tercantum nama siswa lain. Padahal, siswa yang menggantikan anak saya itu beralamat di Keluruhan Kalumata, tapi dia lulus. Ini tidak adil. Dinas Pendidikan Kota Ternate jangan main curang, kami tidak terima. Jangan karena uang saja anak saya dikorbankan,” tambah Ite, orang tua lainnya yang ikut dalam aksi protes.

Dugaan bekingan orang dalam ini terungkap setelah salah satu orang tua siswa mendapat bukti chat whatsapp dari anaknya. Dalam percakapan tersebut teman anaknya itu mengaku lulus jalur prestasi karena dibeking.





Informasi yang dihimpun brindonews, dugaan bekingan orang dalam ini terungkap setelah salah satu orang tua siswa mendapat bukti chat whatsapp dari anaknya. Dalam percakapan tersebut teman anaknya itu mengaku lulus jalur prestasi karena dibeking.

Informasi lain yang dirangkum menyebutkan, penentuan lulus tidaknya dalam PPDB sepenuhnya ditentukan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani. (red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan