Brindonews.com


Beranda Akademika Pemkot Tindaklanjuti Program Merdeka Belajar

Pemkot Tindaklanjuti Program Merdeka Belajar

TERNATE, BRN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate bakal menindaklanjuti program merdeka belajar dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muchlis Djumadil mengatakan, Pemerintah Kota tetap meindaklanjuti program merdeka belajar. Namun, ada keterbatasan anggaran untuk memaksimalkan program tersebut.





Meski begitu, pihaknya tetap proaktif menjalankan program merdeka belajar dengan mengikutsertakan guru-guru ke berbagai pelatihan yang dilaksanakan
Pemerintah Pusat, baik melalui balai maupun LPMP,”ucapnya, Kamis 2 Mei 2024.

Ia menyebutkan, salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah lokakarya pendidikan guru penggerak, di dalamnya mengatur dan menjelaskan  kurikulum merdeka belajar.

“Para orang tua ini juga harus ikut menentukan penerapan program merdeka belajar. Sebab, siswa dipaksakan untuk mandiri, berkarya dan berinovasi. Kalau dulu harus menunggu guru, sekarang tidak lagi,”ujarnya.





Menurutnya, keterbatasan anggaran juga berdampak pada fasilitas pendidikan yang menjadi bagian penting untuk memaksimalkan merdeka belajar.

Di pulau terluar seperti Batang Dua, masalahnya internet. Misalnya asesmen itu berhubungan dengan internet. Kita bisa saja menggunakan sekolah lain yang ada internet tapi itu butuh waktu lama untuk upload. Solusi untuk mengatasi  ini yaitu kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, terutama Kominfo,”tandasnya.

Selain itu, sambung Muchlis, tidak mungkin Dinas Pendidikan menyediakan tower dan lain-lain. “Mamang kita punya dana bosda untuk membeli alat penunjang internet, tapi kalau internetnya kurang baik ya sulit,”sambungnya.





Sekadar diketahui, merdeka belajar adalah  program yang digagas Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Merdeka belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi.

Dengan program merdeka belajar, pemerintah berharap dapat menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi semua peserta didik di Indonesia (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan