Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Pemkab dan Bawaslu Halmahera Barat Teken NPHD Pilkada 2024

Pemkab dan Bawaslu Halmahera Barat Teken NPHD Pilkada 2024

HALBAR, BRN – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat bersama bawaslu setempat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD, Seni, 20 November.

Penandatanganan dokumen pemdanaan pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2024 ini dilakukan di ruang rapat Bupati Halmahera Barat, James Uang. Anggaran yang disepakati sebesar Rp. 13 miliar.





Bupati Halmahera Barat, James Uang usai penandatanganan tak banyak berkomentar. Ia mengatakan pembiayaan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah merupakan perintah konstitusi.

“Ini perintah konstitusi, jadi, tidak bisa tidak, harus dilaksanakan meski dengan keterbatasan apa pun,” singkatnya.

Ketua Bawaslu Halmahera Barat Nimrod Lasa mengatakan, bawaslu dan pemerintah sudah menjadwalkan penandatanganan NPHD sebelumnya. Namun penandatanganan ditunda karena ada beberapa kendala.





“Kami berterimakasih kepada pemerintah daerah atas kerjasama yang baik sehingga NPHD bisa diteken,” ucapnya.

Nimrod bilang, total anggaran untuk Bawaslu Halmahera Barat senilai Rp. 13 miliar. Ini terdiri dari Rp. 11,4 miliar dari pemerintah daerah dan Rp. 1,9 miliar dana sharing Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Kalau untuk pencairannya mengacu pada Surat Edaran Permendagri, 40 persen tahap pertama terhitung 14 hari setelah penandatanganan NPHD, dan tahap kedua 60 persen,” ucapnya. (as/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan