Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Kepala BNPB Tinjau Warga Terdampak Erupsi Gunung Ibu

Kepala BNPB Tinjau Warga Terdampak Erupsi Gunung Ibu

HALBAR, BRN – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto berkunjung di lokasi pengungsian erupsi Gunung Ibu, desa Gam ici, kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat.

Kunjungan Kepala BNPB didampingi  Sekretaris Daerah Provinsi Malut,Bupati Halmahera Barat James Uang, Wakil Bupati, Djufri Muhamad, Kaban Keuangan Sonya Mail, Dandim, Kapolres, dan Pejabat dari BNPB.





Kepala BNPB Letjen Tnyi Suharyanto,  didampingi kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan, saat diwawancarai mengatakan kunjungan ini berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo untuk melihat secara langsung kondisi pengungsi warga yang terdampak akibat erupsi di kecamatan Ibu kabupaten Halmahera Barat.

“kami datang untuk memastikan karena sudah tiga minggu warg tinggal di pengungsian,” ucap Kepala BNPB, Kamis (30/05/2024).

Menurutnya, Kondisi Gunung Ibu saat ini sudah relatif baik jika dibandingkan erupsi yang terjadi empat hari yang lalu sehingga diharapkan tidak warga tetap tenang.





“Kondisi Gunung Ibu sudah ada penurunan. ini sudah relatif baik jika dibandingkan beberapa hari lalu, “terangnya.

Lanjutnya, BNPB dan BPBD Halmahera Barat bersepakat bahwa status Gunung Ibu masih tetap berada pada level 4 (awas) Sambil menunggu perkembangan dari BPBD minggu Depan.

“kalau nanti dari BPBD menyatakan sudah menurun bisa kembali normal statusnya akan diturunkan ke level lll,maka para pengungsi baru bisa kembali ke tempatnya masing-masing,”ujarnya.





Sekadar diketahui, kunjungan tersebut disertai dengan pembagian sembako kepada  warga pengungsian. (ul/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan