Brindonews.com


Beranda Daerah Kota Ternate Gaji Guru PAUD di Kota Ternate Hanya Rp150 per Bulan

Gaji Guru PAUD di Kota Ternate Hanya Rp150 per Bulan

TERNATE, BRN – Sungguh miris nasib guru honor atau tenaga guru suka rela yang mengajar di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Ternate.

Mereka menerima gaji yang sangat rendah. Hanya Rp150 ribu Perbulan.





Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muchlis Djumadil ketika di konfirmasi pada, Senin 28 Mei.

Muchlis mengatakan, honor yang di terima Rp150 ribu per bulan itu adalah guru yang berstatus suka rela, bukan guru Pegawai Tidak Tetap (PTT), karena guru-guru PTT digaji berdasarkan SK PTT.

Menurutnya, alasan mereka dibayar Rp150 ribu adalah karena minimnya kemampuan keuangan sekolah PAUD. Apalagi PAUD rata-rata berstatus yayasan atau swasta.





Meskipun begitu, kata Muchlis, pihaknya akan berupaya agar di tahun anggaran 2025 ada tambahan honor atau insentif bagi para guru suka rela di sekolah PAUD.

Dia menyebut, sekolah PAUD di Kota Ternate berjumlah sekitar 90, tapi yang aktif hanya sekitar 80. Di samping itu, tidak semua sekolah PAUD ada guru suka rela.

“Guru PAUD ini kan biasanya di SK an oleh kepala sekolah. Tapi kami dan DPRD prihatin, karena pendidikan di sekolah PAUD berbeda dengan di SD dan SMP, cara mendidik anaknya berbeda,”pungkasnya.





Kami berharap ada dorongan dari DPRD saat pengusulan anggaran untuk menambah insentif para guru suka rela.

“Kami minta ada sinergi dari DPRD, sehingga ketika kita usulkan anggaran di tahun 2025 bisa diakomodir oleh TAPD. Namun untuk tahun ini saya tidak yakin, karena defisit anggaran cukup besar, ” tandasnya. (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan