Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Barat Wabup Halmahera Barat Launching Inovasi SIJANK-HALBAR Karya Faris H. Abdulbar

Wabup Halmahera Barat Launching Inovasi SIJANK-HALBAR Karya Faris H. Abdulbar

HALBAR, BRN – Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhammad resmi melaunching proyek perubahan SIJANK-HALBAR yang digagas Kepala Dinas PUPR Halmahera Barat Faris H. Abdulbar.

Launching SIJANK-HALBAR atau Sistem Informasi Jalan dan Jembatan Kabupaten Halmahera Barat ini dilakukan di ruang rapat PUPR setempat, Senin 27 November. Acara ini sekaligus dirangkai dengan pameran.





Djufri Muhamad dalam sambutanya menyampaikan, di era kekinian dengan majunya perkembangan zaman dan teknologi informasi yang cukup pesat menuntut pemerintah daerah terus beradaptasi, terutama harus mampu menyesuaikan dengan menciptakan terobosan-terobosan baru.

“Makanya gerakan-gerakan baik para pimpinan SKPD yang mengikuti diklat kepemimpinan II bisa menciptakan terobosan atau langkah diahi (dalam dialek masyarakat Maluku Utara berarti memperbaiki/memperbagus) dalam bentuk inovasi. Ini patut diacungi jempol,” sebutnya.

Politikus NasDem ini mengatakan, dalam bahasa Ternate, SIJANK (sistem informasi jalan dan jembatan) memiliki arti memperbagus atau mempercantik. Ia berharap, aksi inovasi ini tidak sekadar pemenuhan tugas akhir semata, namun harus cakap dalam implementasi ke depannya.





“Saya berharap dalam praktik di lapangan berjalan sebagaimana artinya,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Halmahera Barat Faris H. Abdulbar meyakini SIJANK-HALBAR yang dibuatnya itu dapat bersinergi dengan program Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat.

“Ada visi Halbar Sejahtera dan misi Halbar nyaman. Ini kalau kita memperbagus jalan dan jembatan adalah bagian aplikasi yang tidak terpisahkan dari visi/misi itu,”ujarnya.





Ia menambahkan, SIJANK-HALBAR merupakan konversi sistem berbasis manual ke sistem informasi berbasis digitalisasi.

“Kita berangkat dari database PUPR, khususnya jalan dan jembatan. Karena selama ini masih bersifat secara manual sehingga kemudian menjadi tidak efektif dan efisien. Mungkin ini baru percobaan, nanti bapak/ibu boleh meninjaunya supaya dapat memberikan masukan dan tambahan yang konstruktif untuk kesempurnaan sistem informasi ini ke depan,” sambungnya. (as/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan