Brindonews.com






Beranda Daerah Kota Ternate Samin: Jabatan Sekda Kota Ternate Tergantung Hasil Ukom

Samin: Jabatan Sekda Kota Ternate Tergantung Hasil Ukom

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly.

TERNATE, BRN – Pemerintah Kota Ternate mengevaluasi Sekertaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya. Uji kompetensi terhadap Jusuf itu karena masa jabatannya akan berakhir tahun ini.

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, uji kompetensi (ukom) dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan akademisi.





“Tahapannya sudah dilaksanakan tadi, tinggal hasilnya nanti diserahkan ke Wali Kota Ternate. Hasil Ukom bisa saja diserahkan hari ini atau besok, selanjutnya pak wali kota sampaikan ke KASN,” kata Samin, Kamis 31 Agustus.

Menurut Samin, dalam ukom ini Jusuf Sunya diuji tiga keriteria, yaitu sosial kultural, kompetensi dan menejerial. Termasuk evaluasi kinerja selama bertugas sepanjang 2022 dan penilaian perbaikan kinerja semester pertama pada 2023.

“Dipertahankan atau tidak semua tergantung hasil ukom, nanti kita lihat hasilnya seperti apa. BKPSDM berharap hasilnya secepatnya keluar dan diserahkan ke Wali Kota Ternate sehingga hasil itu dibuat resume. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa disampaikan ke KASN,” terangnya.





Samin mengisyaratkan pihak eksternal agar tidak lagi menggiring isu miring mengenai uji kompetensi tanpa rekomendasi KASN. Ia mengatakan, ukom yang dilakukan sudah sesuai prosedur sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang menejmen PNS, pejabat impinan tinggi pratama.

“Jadi kalau  ada isu di luar bilang tidak ada rekomendasi KASN itu salah, ukom tidak perlu ada rekomendasi. Yang Kami butuhkan adalah rekomendasi dari hasil ukom,” terangnya. (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan