Brindonews.com
Beranda Daerah Halmahera Barat Kejari-Polres dan Jurnalis Halbar Sinergi Kawal Pemilu Damai

Kejari-Polres dan Jurnalis Halbar Sinergi Kawal Pemilu Damai

HALBAR, BRN – Kapolres Halmahera Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Indra Andiarta, mengajak segenap insan pers yang bertugas di Kabupaten Halmahera Barat bersinergi dengan kejaksaan dan Polri memelihara situasi kamtibmas tetap aman pada Pemilu 2024.

Menurutnya, sinergitas ini guna menjaga pelaksanaan pemilu untuk tetap damai dan kondusif.





Sebab, kata Indra, media sebagai ujung tombak berperan penting dalam menyampaikan maupun menyajikan informasi yang berkaitan pemilu damai.

Ajakan tersebut disampaikan Indra pada acara makan siang bersama di halaman Polsek Jailolo, Kamis 7 Desember.

“Sinergitas antara kejaksaan, Polri dan insan pers terjalin sudah sejak lama. Bahkan, kolaborasi dan keakraban antar sesama tidak dapat dipisahkan. Pada kesempatan ini kami mengajak kepada media untuk sama-sama menjaga sinergitas selama Pemilu 2024. Hal ini diperlukan guna menjaga pelaksanaan pemilu untuk tetap damai dan kondusif,” ucapnya.





Menurut Indra, acara makan siang bersama yang digagas Kejaksaan Negeri Halmahera Barat dengan tujuan menciptakan kamtibmas aman dan damai menjelang tahapan Pemilu 2024 ini sangat penting.

“Ini sebagai langkah menumbuhkan sinergitas. Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Kajari yang sudah mau mengadakan makan siang bersama Polres Halbar dan juga rekan-rekan pers,” ujarnya.

Indra mengingatkan anggotanya agar tidak berpihak dan berpolitik praktis. Ia berharap jajarannya tetap netral.





“Untuk anggota polisi yang suami maupun istrinya ikut calon legislatif harus tetap netral. Polisi dituntut untuk selalu netral. Kalaupun ada aggota yang melanggar, langsung dikenakan sanksi kode etik sebagai Pasal 3 Undang-undang Tahun 2002 tentang Kepolisian,” terangnya.

Indra mengatakan, setiap pelanggaran pemilu ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Gakkumdu terdiri dari Kepolisan, Kejaksaan, dan Bawaslu.

“Maka dituntut untuk menjaga netralitas dalam mengahadapi pemilu dan tidak ada keberpihakan institusi. Kami juga telah bangun kerja sama dengan kejaksaan bahwa pemilu itu harus netral, dan ini harus selalu digaungkan,” sambungnya.





Kepala Kejaksaan Negeri Halmahera Barat Kusuma Jaya Bulo menjelaskan, digelarnya acara makan siang bersama tersebut meningkatkan tali persaudaraan sesama aparat penegak hukum agar selalu kompak menghadapi pemilu.

“Kita lihat saat ini juga ada personil dari Brimob Polda Malut yang diperbantukan untuk mengawal Pemilu kita juga berterimakasih semoga kita selalu menjalin keakraban,” tandasnya.

“Jadi saya dan Pak Kapolres Indra mengundang teman-teman makan siang ini niatnya tulus, tidak ada tendensi apapun. Karena kita disini ada yang dari perantauan, jadi harus kita tegur sapa,” sambungnya.





Kusuma meminta masyarakat dan berbagai elemen untuk tidak sebarkan isu hoaks atau fitnah-fitnah yang membuat keributan.

“Ini supaya pemilu yang dihadapi ini berjalan aman, lancar, baik dan kondusif. Jangan ada ego-ego sektoral diantara kita, tetap selalu jaga keakraban dan kebersamaan,” pungkasnya. (as/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Iklan