Brindonews.com


Beranda Daerah HUT Pemkot Ke 25 Tahun, Pemkot Serius Tangani Sampah 

HUT Pemkot Ke 25 Tahun, Pemkot Serius Tangani Sampah 

TERNATE, BRN – Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Ternate ke-25 mengusung tema Bersinergi Menuju Ternate Bersih. Tema ini diusung berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan OPD, Kamis 25 April.

Sekertaris daerah Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, dari rapat koordinasi Pemkot juga menekankan waktu buang sampah pada Pukul 18.00 sampai 06.00 WIT berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Ternate.





“HUT Pemkot ke 25 jatuh di tanggal 27, namun karena pas hari libur jadi panitia majukan pada tanggal 29 April sekaligus melakukan upacara,”ucapnya.

Lanjut Rizal, rangkaian HUT Pemkot tematiknya Ternate Bersih, Ternate Sehat dengan tema besar Bersinergi Menuju Ternate Bersih. Sehingga tematik kegiatan yang kami buat disetiap kecamatan adalah aksi bersih-bersih lingkungan.

“Ada beberapa OPD seperti Dinas Kesehatan, mereka melibatkan pemerintah dan masyarakat dalam aksi pilah-pilah sampah, HUT Pemkot lebih mempertegas terkait waktu buang sampah,”tandasnya.





Selain itu, kata Rizal, terdapat perubahan waktu angkut sampah oleh DLH yang sebelumnya diangkut tiga kali (Pagi, Siang dan Sore), mulai Tanggal 29 April hanya diangkut satu kali di pagi hari.

Jadi DLH hanya melayani waktu buang sampah pada Pukul 18.00 sore sampai Pukul 06.00 pagi. Dan kami mempertegaskan tidak boleh membuang sampah melewati waktu yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Karena selama ini DLH angkut pada jam 9 pagi sudah selesai, tapi setelah sampah diangkut ada sampah baru yang masuk lagi, ini yang bikin menumpuk,”ungkapnya.





Menurutnya, jika masyarakat Kota Ternate konsisten dengan surat edaran Wali Kota, kemudian DLH dan Kecamatan serta Kelurahan bisa mengawal dengan baik, maka kota ini bisa bersih dengan waktu satu minggu.

“Pemerintah Kota Ternate sangat serius melakukan penanganan sampah, bahkan pemerintah sudah berupaya dengan beberapa cara. Meskipun begitu, pihaknya terus bersemangat hingga menuntaskan sampah di kota Ternate.

“Saya meminta kepada masyarakat ayo sama-sama mempunyai kesadaran menjaga kota ini, untuk bebas dari sampah. Waktu itu kalau kita komitmen, saya pastikan tidak ada sampah di TPS,” pungkasnya. (ham/red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan