Brindonews.com


Beranda News Maluku Utara Hadiri Kegiatan BPK-RI, PJ Gubernur Malut Fokus Pesan Presiden Jokowi

Hadiri Kegiatan BPK-RI, PJ Gubernur Malut Fokus Pesan Presiden Jokowi

JAKARTA, BRN – PJ Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, menghadiri kegiatan Penyampaian Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dan seminar nasional.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Cendrawasih Room Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, (08/07/24).





Presiden Jokowi dalam pidatonya mengatakan, penyelenggara pemerintah harus lincah, cepat dan taktis. Selain itu, harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun.

Jokowi juga meminta agar akuntabilitas dan fleksibilitas harus dijalankan secara seimbang dan tidak boleh terbelenggu pada rumusan prosedur yang berorinetasi pada proses.

“Kita harus lebih berani untuk fokus pada hasil, fokus pada capaian yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat, fokus pada capaian yang membawa kemajuan negara ini, walaupun kita tahu diregulasi sudah banyak dilakukan, walaupun demokratisasi juga sudah banyak dilakukan namun regulasi yang tidak sinkron masih kita tanamkan.





Prosedur birokrasi yang rumit juga masih banyak didalam praktek dilapangan, izin diganti pertimbangan, izin diganti Rekomendasi sama saja, urusannya ruet baik di pusat maupun di Daerah”,Kata Jokowi.

Presiden juga meminta dukungan BPK dan seluruh komponen bangsa untuk mendukung pemerintahan ini berjalan dengan baik untuk membawa kemajuan negara Indonesia.

“Saya juga mengharapkan dukungan BPK untuk perbaikan ekosistem pemerintahan yang akuntabel sekaligus fleksibel dan berorientasi pada hasil”, pungkasnya.





Presiden Jokowi yakin presiden terpilih kedepan akan slalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK dapat dimanfaatkan secara baik.

“Saya juga meminta kepada para menteri, kepala Badan dan para kepala daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan rekomendasi dari pemeriksaan BPK agar pengelolaan keuangan APBN dan APBD kita semakin hari semakin baik” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BPK RI Perwakilan Maluku Utara Marius Sirumapea, SE, M.Si, AK Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Daud, Bupati Halbar James Uang, Bupati Halut Frans Maneri, Bupati Haltim Jufri Yakuba, Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba, Walikota Ternate DR. Tauhid Soleman, Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim, Bupati Kepulauan Sula Fifian Mus, Bupati Halteng Ikram Sangaji, Bupati Taliabu Aliong Mus dan Bupati pulau Morotai Burnawan dan juga dihadiri seluruh pimpinan DPRD se-Kabupaten dan Kota.(BRN/adv).





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan