Brindonews.com


Beranda Daerah Kota Ternate Disdukcapil Kota Ternate Kejar target Aktivasi IKD 

Disdukcapil Kota Ternate Kejar target Aktivasi IKD 

TERNATE,BRN – Pemerintah Pusat melalui Dirjen Administrasi Kependudukan Kemendagri menargetkan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) 30% dari jumlah wajib KTP s/d Desember 2024.

Hingga memasuki akhir bulan april 2024, Kota Ternate belum mencapai target tesebut.





Hal ini dapat dilihat dari data penduduk Kota Ternate yg berjumlah 204.920 jiwa yg berwajib KTP 147.961 jiwa. yang sudah melakukan perkeman E-KTP sebanyak 138.717 jiwa. Sedangkan yg baru melakukan Aktivasi IKD sebanyak 14.934 jiwa (10, 38%).

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Ternate, Rima Hariati mangatakan IKD dihadirkan Pemerintah dalam rangka digitalisasi untuk mendukung program pemerintah dalam Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik. Sehingga kedepannya KTP fisik tidak diperlukan lagi. Aktivasi IKD ini cukup mudah.

Namun demikian IKD saat ini masih mendampingi E-KTP. Belum menggantikan E-KTP.





Karena itu, menurutnya masyarakat diminta tidak terlalu fokus mengurus ke KTP fisik, sebab IKD ini lebih mempermudah, apalagi kedepannya semua pelayanan sudah berbasis digitalisasi ,”ucapnya, jum’at 19 April.

Lanjut Rima, fakta yg terjadi selama ini apabila ada KTP masyarakat yang sudah rusak atau hilang mereka selalu datang untuk meminta pencetakan ulang E-KTP, padahal KTP yang rusak dan hilang sudah ada di aplikasi IKD tersebut.

Selain itu, Disdukcapil akan melakukan beberapa upaya untuk pencapaian target IKD. Diantaranya melalui weekend servce, melakukan sosialisasi sekaligus jemput bola ke kampus, sekolah, dan instansi, kecamatan, serta hadir di ivent yg menghadirkan banyak massa.





“Bagi masyarakat Kota Ternate bahkan yang berdomisili disini yang belum menggunakan Aplikasi IKD bisa dwonload Aplikasinya di Play Store, jika ada yang bingung cara daftarnya bisa langsung ke kantor Dukcapil Kota Ternate,”pungkasnya. (Ham/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Iklan