Brindonews.com






Beranda News Proyek Saketa-Gane Dalam Dikerjakan Tidak Sesuai Kontrak Kerja

Proyek Saketa-Gane Dalam Dikerjakan Tidak Sesuai Kontrak Kerja

Mutual Check Nol (MC 0) pada pekerjaan jalan dan jembatan ruas Saketa-Gane Dalam.

TERNATE, BRN – Kekhawatiran publik akan pekerjaan jalan dan jembatan ruas Saketa-Gane Dalam dikerjakan tidak sesuai perencaan terbukti benar adanya. Progres pekerjaan multiyears ini sebelumnya terancam putus kontrak progresnya masih nol persen, terhitung Januari sampai Maret 2023.

Paket proyek yang dimenangkan PT. Moderen Raya Indah Pratama dengan biaya Rp. 34,8 APBD Maluku Utara ini dikerjakan tidak sesuai kesepakatan kontrak.





Dalam kontrak kerja, Mutual Check Nol (MC 0), dimulai dari ruas Oha-Gane Dalam. Kondisi ini berbanding terbalik di lokasi pekerjaan. Pihak rekanan justru memulai titik nol dari Saket-Oha.

Informasi yang dihimpun brindonews, pekerjaan yang melekat di Dinas PUPR Maluku Utara ini sudah ada pencairan uang muka 2,5 persen atau sebesar Rp. 800 juta dari nilai pagu. Kontraknya terhitung November 2022.

Pihak rekanan beralasan uang muka tersebut terbilang kecil untuk membiayai mobilisasi alat berat (eksavator) ke lokasi proyek. PT. Modern Raya Indah Pratama menyebut, uang muka atau down payment (DP) yang kekecilan berimbas pada keterlambatan progres.





Ketua Komisi III DPRD Maluku Utara, Rusihan Jafar menyebutkan, jika pekerjaan tidak dari titik nol yang ditentukan, proyek tersebut sudah pasti bermasalah.

“Tanya di PPK kalau titik nolnya bukan di Oha-Gane Dalam, berarti pekerjaan tara (tidak) beres itu. Tanya juga ke dinas PUPR supaya kita di Komisi III tahu titik nolnya di mana?,” katanya, Senin 10 April.

Polisi Perindo mengatakan, atas temuan ini, komisinya menjadwalkan memanggil Dinas PUPR dan PT. Moderen Raya Indah Pratama dalam waktu dekat.





“Kita agendakan dulu, belum ada jadwal kapan mereka dipanggil. Tapi yeng jelas mereka dipanggi soal progres pekerjaan yang sudah dikerjakan saat ini,” tandasnya.

Kepala Dinas PUPR Maluku Utara, Saifuddin Djuba dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ruas Saketa-Gane Dalam, Ikra belum dikonfirmasi dalam masalah ini. Hingga berita ini dipublis, keduanya belum menjelaskan mengapa MC 0 dimulai dari Saket-Oha. (red)





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan