Brindonews.com






Beranda News Maluku Utara Lomba Mewarnai 10th WWF Momentum Bangkitkan Semangat Cinta Lingkungan dan Sungai

Lomba Mewarnai 10th WWF Momentum Bangkitkan Semangat Cinta Lingkungan dan Sungai

Kepala BWS Maluku Utara, Kalpin Nur dan Ruslan Rizal saat berpose bersama peserta lomba. Para peserta menunjukkan hasil mewarnai 10th WWF.

TERNATE, BRN – Balai Wilayah Sungai atau BWS Provinsi Maluku Utara menggelar lomba mewarnai tingkat sekolah dasar.

Salah satu kegiatan untuk melatih kemampuan dan kreatif anak-anak ini rangkaian acara dalam rangka memeriahkan World Water Forum (WWF) yang ke-10 tahun.





Pelaksanaan 10th Forum Air Dunia disepakati dilaksanakan di Bali, dimulai 18 Mei 2023 hingga 24 Mei 2024.

Kepala BWS Maluku Utara, Kalpin Nur mengatakan lomba mewarnai yang dipusatkan di Kelurahan Sangaji, Ternate Utara, itu mengusung tajuk Cinta Lingkungan dan Sungai. Sejumlah 22 peserta terdiri dari enam sekolah dasar yang tersebar di Kota Ternate.

“Namun tiga orang tidak hadir. Yang ikut hanya 19 perseta, masing-masing SD Islamiah 6 enam orang, SD Negeri 39 tiga orang, SD Negeri 44 lima orang, SD Negeri 47 empat orang dan SD 38 empat orang,” kata Kalpin, ketika disembangi di tempat kegiatan, Rabu siang, 26 Juli.





Kepala BWS Maluku Utara, Kalpin Nur melihat hasil mewarnai salah satu peserta.

 

Kalpin berharap, digelarnya lomba mewarnai ini dapat meningkatkan kreativitas para peserta didik tingkat sekolah dasar, terutama mengekspresikan semangat pemulihan dan cinta terhadap sungai.

Tujuan lainnya adalah sebagai rana edukasi dini bagi para siswa ihwal pentingnya menjaga lingkungan sungai sebagai sumber air kehidupan bersama.





“Sebab mereka bagian dari ruang gererasi penerus bangsa,” katanya.

Kalpin menambahkan, Kementerian PUPR melalui Gerakan Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), sudah melaksanakan berbagai kegiatan menjelang hari puncak peringatan 10th WWF. Salah sanya aksi susur dan bersih sungai di seluruh Indonesia.

Terselenggaranya WWF bersama Pemerintah Indonesia, menurut Kalpin, adalah untuk menyediakan platform atau wadah titik temu bagi komunitasi air dan pemangku kebijakan untuk berkolaborasi.





Forum ini juga bagian dari ajang mempertemukan peserta dari berbagai tingkatan dan bidang, meliputi akademisi, politisi, lembaga multilateral, masyarakat sipil hingga sektor parawisata.

“Dengan adanya momentum besar WWF ini, kita semua dapat terlibat dalam memaksimalkan diri untuk memperkuat kemampuan, mengatasi berbagai tantangan penyediaan air bersih dan mewujudkan keadilan bersama,” terangnya. *





Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan