Brindonews.com


Beranda Daerah Halmahera Barat Joko Ahadi Resmi Jabat Wakil Ketua I DPRD Halbar

Joko Ahadi Resmi Jabat Wakil Ketua I DPRD Halbar

HALBAR, BRN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat resmi mengangkat Joko Ahadi sebagai wakil ketua I DPRD setempat.

Hal ini dituangkan dalam papat paripurna ke-II masa persidangan I tahun 2024, terkait pengambilan sumpah dan janji jabatan Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua I DPRD setempat.





Paripurna ini berdasar keputusan Gubernur Maluku Utara nomor : 240/ KPTS/MU/2024 atas surat Bupati Halmahera Barat Nomor: 210/030/HB/2024 tanggal 16 Januari 2024 perihal permohonan Pergantian Antar Waktu Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Halmahera Barat sisa masa jabatan 2019-2024.

Dalam Paripurna tersebut, Robinson Misi, Wakil Ketua I DPRD Halmahera Barat digantikan oleh Joko Ahadi, yang sebelumnya selaku Ketua Fraksi Golkar.

Wakil Bupati Halmahera Barat, Jufri Muhamad dalam sambutannya menegaskan, berdasarkan pasal 365 undang-undang nomor 17 tahun 2014, DPRD sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah memiliki tanggung jawab menjalankan 3 (tiga) fungsi yakni legislasi, pengawasan dan pembahasan anggaran.





“Fungsi legislasi dilaksanakan sebagai perwujudan DPRD selaku pemegang kekuasaan membentuk Peraturan Daerah, fungsi anggaran, yang dilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap rancangan Peraturan Daerah tentang APBD yang diajukan oleh Pemerintah Daerah, dan fungsi pengawasan dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD,”ujarnya, Rabu (21/02/2024).

Ketua DPD Partai Nasdem Halmahera Barat ini menegaskan, dalam konteks otonomi Daerah dewasa ini, keberadaan lembaga DPRD mutlak dibutuhkan dan diperhitungkan, mengingat selain merupakan representasi rakyat, DPRD juga merupakan unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah.

“Dalam kaitan dengan hal tersebut, maka keberadaan Wakil Ketua sebagai unsur pimpinan DPRD menjadi sangat penting dan strategis, sebab dalam hubungan penyelenggara Pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara DPRD dengan Pemerintah Daerah”jelasnya.





Say berharap pelantikan ini, kinerja DPRD Halmahera Barat semakin dinamis dan semakin meningkat. Mengingat dengan dilantiknya Pergantian Antar Waktu Pimpinan DPRD pada hari ini, maka unsur pimpinan kelembagaan DPRD Kabupaten Halmahera Barat saat ini telah berganti komposisi,”tandasnya. (UL/red)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan