Mengenal Proper ‘Inspirasi Nelayan’ Ridwan Arsan

Redaksi author photo

Sekretaris DKP Maluku Utara, Ridwan Arsan.

TERNATE, BRN
- Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara mulai menerapkan sistem baru tentang pengajuan dan penyaluran bantuan kepada pelaku usaha perikanan.

Pemberlakuan proyek perubahan (proper) dari Ridwan Arsan ini sebagai upaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara berbenah, sekaligus mempermudah akses setiap progres proposal yang diajukan. Tujuan lainnya yaitu minimalisir adanya penyaluran bantuan ganda.

Ridwan Arsan kepada brindonews menjelaskan proyek perubahan yang dinamai Inspirasi Nelayan itu adalah platform yang mudah diakses siapa saja. Aksi perubahan ini berbasis website.

Akronim dari Integrasi Pemerintah dengan Aspirasi Nelayan ini merupakan sebuah layanan sistem informasi digital yang baru diterapkan di dinasnya.

Ada tiga manfaat. Bagi masyarakat yaitu terpenuhinya kemudahan pelaku usaha perikanan dalam mengakses informasi bantuan perikanan.

Sedangkan bagi OPD, yaitu adanya data proposal pelaku usaha yang ter-update dan bantuan perikanan tepat sasaran. Kemudian bagi pemerintah provinsi, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan berjalan sesuai Visi Misi Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Infografis alur inspirasi nelayan. Adalah proyek perubahan pelatihan kepemimpinan nasional Ridwan Arsan.

Menurutnya, sistem manual yang selama ini dipakai belum mampu mengakomodir setiap pengajuan bantuan secara maksimal. Database berupa proposal para pelaku usaha perikanan yang masuk belum valid sepenuhnya, bahkan hilang. Juga menyulitkan saat identifikasi dan verifikasi.

“Data penerima yang masuk belum sepenuhnya diverifikasi karena sistemnya masih konvesional. Inovasi proyek perubahan pelatihan kepemimpinan nasional saya ini diharapkan tersedianya data yang valid dan memudahkan pemerintah maupun pelaku usaha perikanan dalam meng-update data pengelolaan bantuan perikanan secara efektif dan efisien,” kata Ridwan, begitu disambangi saat sosialisasi Proper Inspirasi Nelayan di Dapur Sorasa, Kelurahan Santiong, Ternate Tengah, Selasa, 3 Januari.

Sekretaris DKP Maluku Utara yang juga Ketua PORDI Kota Ternate ini mengatakan, penerapan sistem digitalisasi dinilai penting.

“Untuk mendapatkan bantuan, para pelaku usaha perikanan cukup mengakses www.inspirasi-nelayan.com dan memilih kategori bantuan sesuai kebutuhan. Tidak perlu lagi buat proposal, karena sudah proposal dalam website. Tinggal registrasi akun, setelah itu pilih bantuan apa yang dibutuhkan,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini