Disperindag Halmahera Timur Target Maksimalkan Retribusi

Redaksi author photo
Ilustrasi uang tunai.

HALTIM, BRN
- Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi (Disperindakop) dan UKM Kabupaten HalmaheraTimur mulai memaksimalkan pendapatan yang bersumber dari retribusi. 

Ini dilakukan selain meningkatkan potensi pendapatan daerah, juga mengantisipasi adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Kepala Disperindakop dan UKM Halmahera Timur, Rickoh Debeturu mengatakan, pengelolaan retribusi di tiga pasar yang menjadi temuan BPK Perwakilan Maluku Utara adalah murni kesalahan dinas.

Kendati begitu, Rickoh mengaku permasalahan pendapatan retribusi yang tidak disetorkan ke bendaharan penerimaan tersebut sudah diselesaikan sesuai rekomendasi BPK.

“Waktu itu kita belum punya bendahara penerimaan, namun sekarang sudah ada,” sebutnya, Senin, 16 Januari.

Rickoh mengemukakan, rekomendasi BPK sangat wajib ditindaklanjuti. Catatan dari lembaga pemeriksaan keuangan itu bertujuan salah satunya yaitu pengelolaan yang transparan dan akuntabel. 

“Kami sudah tindaklanjuti melalui inspektorat. Menyangkut pendapatan kemarin itu sudah disetor langsung ke kas daerah melalui bagian pendapatan BPKAD. Total yang disetor Rp. 70 juta lebih dan itu melebihi target yang Rp. 50 juta,” ucapnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini