Aksi Perubahan Inspirasi Nelayan Banjir Pendaftar

Redaksi author photo

Ridwan Arsan, Sekretaris DKP Maluku Utara.

TERNATE, BRN
- Aksi perubahan Inspirasi Nelayan mulai dimanfaatkan pelaku usaha perikanan di Maluku Utara. Tim internal proyek perubahan (proper) dari Ridwan Arsan itu sudah menampung ratusan calon penerima bantuan.

Tercatat sejumlah 176 calon penerima bantuan dan 86 usulan proposal bantuan. Update data per 15 Januari ini naik dua kali lipat semenjak digelar FGD kemudian dilanjutkan sosialisasi pada Senin, 9 Januari kemarin.

Inspirasi Nelayan merupakan sistem informasi berbasis digital yang mulai diterapkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara.

Nama lain dari Integrasi Pemerintah dengan Aspirasi Nelayan ini adalah terobosan atau inovasi dari Ridwan Arsan, Sekretaris DKP Maluku Utara pada Pelatihan Kepemimpinan Administrasi (PKA) BPSDM Maluku Utara Tahun 2022.

“Sampai saat ini jumlah pendaftar yang tercaver di website berjumlah 176 pendaftar, sementara jumlah proposal pengajuan sudah 86,” ujar Ridwan,  Minggu, 15 Januari.

Setelah proposal diterima, selanjutnya diverifikasi dokumen dan pengecekan lapangan. Ini dilakukan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran, termasuk mengetahui kebutuhan nelayan.

“Proposal yang diajukan para nelayan akan diproses tahun berikutnya, namun mengingat sistem ini baru difungsikan, maka usulan proposal yang masuk hingga bulan Mei 2023 akan diproses di tahun yang sama. Ini mengingat programnya (proyek perubahan) keluar di awal 2023, itu sebabnya tahap pertama kita beri waktu sampai Mei, dan akan di eksekusi duluan,” sambungnya.

Ketua Pordi Kota Ternate yang akrab disapa Iwan ini menambahkan, tersedia tiga paket bantuan, baik perorangan, kelompok, maupun pengelolaan dan pemasaran ikan.

Infografis paket bantuan Inspirasi Nelayan.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini