Pemprov Malut Gelontorkan 23 M Bangun Infrastruktur di Halmahera Timur

Redaksi author photo

Bupati Ubaid Yakub didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Halmahera Timur mendapingi rombongan PUPR Provinsi Maluku Utara memantau lokasi pekerjaan jalan dan jembatan ruas Wasile - Labi labi.

HALTIM, BRN
– Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengucurkan anggaran lebih dari Rp23 miliar untuk pekerjaan jalan-jembatan di Kecamatan Wasile Timur dan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur.

Gelontoran dana yang bersumber dari APBD Maluku Utara tersebut untuk melayani pembiayaan aspal hotmix dan tiga jembatan penghubung.

Kepala Dinas PUPR Maluku Utara Saifuddin Djuba mengatakan, paket jalan dan jembatan ruas Wasile Labi-labi dikerjakan dengan kontrak multiyaers (tahun jamak).

PT Pancona Katarabumi selaku rekanan pemenang tender dan PT. Pillar Pusaka sebagai konsultan perencanaan sesuai kontrak pekerjaan dengan Nomor: SP/FISIK-12948361/APBAP-MY/PPK.XIV-BM/DPUPR-MU/XII/2022.

“Dianggarkan melalui APBD Provinsi Maluku Utara Tahun 2022-2024 senilai Rp.23.983.253.500. Jalan hotmix dimulai titik nol di Desa Tutuling Jaya sampai Desa Lolobata sepanjang 13 kilo meter,” kata Saifuddin, Sabtu, 17 Desember 2022.

Saifuddin menyatakan, peningkatan jalan dari lapen ke hotmix dan tiga jembatan tersebut pembiayaanya melekat di Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara.

“Kami masuk mengunakan sistem multiyers, penangananya sampai 2024, mulai dari APBD Perubahan 2022 dan 2024. Ini jelas skali pembangunan jalan dan jembatan ruas Wasile Labi-labi. Harapan kami segera penyedia melaksanakan pekerjaan karena sudah berkontrak dan harapan di 2023 pekerjaan bisa selesai,” jelasnya.

Mantan Kepala BPBJ Maluku Utara itu mengemukakan, selain jalan jembatan ruas Wasile Labi-labi, juga ada jalan ruas Tutuling Jaya - Lolobata sepanjang 13 kilo meter dan jalan penghubung Maba-Sagea yang satuan kerjanya melekat di PUPR.

“Maba-Sagea kegiatannya sudah jalan di lapangan. Multiyers juga,” jelasnya.

Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub mengaku sudah mendampingi Saifuddin Djuba memantau langsung ruas jalan yang bakal dikerjakan.

“Tentu atas nama pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada pemerintah Provinsi dalam hal ini dinas PUPR. Pak kadis bersama rombongan yang hari ini turun memantau langsung di lapangan atas perencanaan yang telah dilakukan,” ucapnya.

Ubaid menambahkan, infrastruktur jalan dan jembatan tersebut guna memperlancar konektivitas antar kecamatan di Halmahera Timur.

“Saya selalu sampaikan, masalah yang dihadapi Halmahera Timur itu soal konektivitas jalan dan jembatan antar Kecamatan. Tentunya kehadiran PUPR Maluku Utara sangat membantu Pemda Halmahera Timur untuk menjawab pekerjaan rumah yang selama ini tidak bisa dituntaskan. Saya berharap agar Pemprov selalu melihat kebutuhan pembangunan di Halmahera Timur. Tentu kehadiran PUPR sangat membantuh menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini diingginkan,” ujarnya. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini