Pemkot Diminta Bentuk Kelompok Swadaya Pengelolaan Sampah

Redaksi author photo
Junaidi Bachrudin, Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate 

TERNATE, BRN - Komisi III Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) meminta Pemerintah Kota Ternate membentuk kelompok swadaya di setiap kelurahan untuk mengelolah sampah.

Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Junaidi Bachrudin mengatakan, meskipun Pemerintah sudah menyiapkan 50 unit motor kaisar di setiap Kecamatan, namun pengelolaan sampah belum  berjalan maksimal.

"Efektif atau tidaknya pengelolaan sampah di Kota Ternate, tidak hanya bergantung pada ketersediaan armada pengangkut sampah," ucapnya kepada wartawan, Kamis (8/12/22).

Menurutnya, banyak hal yang harus disiapkan Pemerintah untuk masyarakat mulai dari membentuk wadah atau semacam organisasi, atau kelompok kecil untuk menyiapkan sumberdaya di setiap Kelurahan, kemudian diberikan penguatan secara kelembagaan dan hal penganggaran. 

Junaidi menyebut, sebelumnya ada beberapa kelurahan yang sudah memiliki motor kaisar, tetapi pengelolaan sampah di tingkat Kelurahan tidak optimal. 

"permasalahan yang di hadapi adalah biaya operasional. Padahal sarananya ada tapi operasional tidak ada sehingga tidak optimal,"ungkapnya.

Untuk menyelesaikan sampah di Kota Ternate, Pemerintah juga harus memberikan pendampingan kepada mereka dan harus menyiapkan biaya operasionalnya.(ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini