Disabilitas di Kota Ternate Capai 1405 Orang

Redaksi author photo
Kepala Dinas Sosial Kota Ternate Burhanuddin Abdul Kadir

TERNATE, BRN - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Sosial belum melakukan pemutahiran data jumlah disabilitas tahun 2022.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada program atau kegiatan dalam postur anggaram Dinas Sosial tahun ini.

Kepala Dinas Sosial Kota Ternate Burhanuddin Abdul Kadir mengatakan, tidak terlaksananya pemutahiran data karena fokus kegiatan lain sehingga tidak memasukkan ke dalam anggaran.

"Kemarin kita belum memasukkan anggaran itu. Jadi nanti tahun 2023 kita masuk pemutahiran data disabilitas," katanya kepada wartawan, Selasa (13/12/22).

Pemutahiran data terakhir yang dilakukan Dinas Sosial Ternate tahun 2021, jumlah penyandang disabilitas sebanyak 1450 orang yang tersebar di 8 Kecamatan.

Jumlah tersebut terdiri dari penyandang disabilitas sensorik, fisik, intelektual, dan mental.

Meskipun begitu, dia menegaskan, Pemerintah Kota Ternate tetap memperhatikan para penyandang disabilitas. "Misalnya dalam konteks fasilitas umum seperti di atas trotoar ada jalur kuning dikhususkan untuk disabilitas," ujarnya.

Untuk fasilitas di kantor-kantor pemerintah, dia mengakui masih banyak yang belum tersedia. Seperti akses naik di lantai dua.

"Sebagian kantor sudah ada. Fasilitas umum juga belum semua terpenuhi karena butuh proses. Tidak mudah karena tergantung penganggaran," bebernya.

Pada intinya, lanjutnya, pemerintah memberikan support dan memperhatikan para disabilitas. Selalu diberikan bantuan baik kebutuhan (sembako) maupun alat bantu.

"Hari ini ada pemberian bantuan 6 buah alat pendengaran, 6 kursi roda, 6 tongkat adaptif, dan 3 unit motor roda 3," ungkapnya.

"Semua bantuan itu berasal dari Kementerian Sosial melalui Wasana Bahagia Provinsi Maluku Utara dan Maluku,"tutupnya (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini