Besok, 174 Calon PPK Pemilu 2024 Ikut Tes CAT

Redaksi author photo

Rahmawati Bangsa.

HALTIM, BRN
- Sejumlah 174 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Halmahera Timur bakal menjalani tes Computer Assisted Tes atau CAT besok, Selasa, 6 Desember. Tes CAT dilangsungkan di SMA Negeri 5 Kota Maba.

Anggota KPU Halmahera Timur Rahmawati Bangsa mengtakan, pelaksanaan CAT terdiri dari lima sesi dan dimulai pukul 08.30 WIT. Dipilihnya SMA Negeri 5 Halmahera Timur sebagai lokasi tes karena memiliki perangkat computer yang memenuhi kualifikasi dan layak pakai.

“Kami harap pelaksanaan tes besok tidak ada gangguan seperti gangguan jaringan internet ataupun gangguan jaringan listrik PLN. Dan kami sudah menyurat ke PLN dan pihak indohome untuk memastikan tidak ada gangguan pada hari H nanti. Kurang lebih 39 perangkat computer yang akan dipakai tes besok nanti,” kata Rahmawati, Senin, 5 Desember 2022.

Rahmawati menyatakan, tahapn berikutnya yaitu pengumuman hasil tes yang dijadwalkan pada 8 Desember pekan ini.

“Setelah itu proses selanjutnya masukan dan tanggapan masyarakat, sesi wawancara, pengumuman PPK terpilih pada 14-16 Desember. Pelantikan kemungkinan di 4 Januari 2023 mendatang. Ini sesuai PKPU dan juknis 476,” ucapnya. 

Rata-rata Wajah Baru 

Rahmawati menambahkan, pelamar PPK Pemilu 2024 mencapai 218 orang. Sebanyak 174 orang dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan sisanya tidak memenuhi syarat.

“39 pelamar yang tidak memenuhi persyaratan ini permasalahanya beragam. Ada yang ditemukan nama pelamar sudah tercatut dalam sipol sebagai keanggotaan partai politik dan dokumen pelamar tidak memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Dari 174 orang yang mengikuti tes CAT, lanjut Rahmawati, 60 sampai 65 persen wajah baru. 35 persen sisanya incumbent.

“Walaupun wajah baru atau lama, tapi kami berharap seleksi kali ini karena berbeda dan murni untuk menghasilkan penyelengara adhoc tingkat bawah yang berkompeten dan punya kapabilitas, terutama memiliki integritas, loyalitas terhadap marwah lembaga KPU,” terangnya.

Menurut Rahmawati, penjaringan PPK Pemilu dengan sistem CAT memberi warna tersendiri dan berbeda dengan tes-tes sebelumnya. Merupakan langkah baik KPU menghindari adanya intervensi atau campur tangan pihak luar yang berkepentingan.

“Kami tahu betul, menjadi penyelengara itu harus memiliki integritas diri yang baik. Sampai perekrutan PPK ini kami pastikan tidak ada intervensi dari siapapun. Intinya murni kami merekrut teman-teman adhoc, apalagi proses seleksi mengunakana CAT ini tujuannya untuk menghindari yang istilahnya titipan dan sejenisnya”.

“Melalui seleksi CAT inilah kami bisa mengukur kompetensi peserta. Dari kompetensi itulah sejauh mana peserta mampuh menjadi penyelengara. Kami akan lihat kelulusan dari urutan nilai yang paling tertinggi sampai kebawa. Seleksi PPK ini kami KPU akan bekerja professional dan sesuai integritas kami,” tandasnya. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini