Rekrutmen PPK, Rahmawaty: Ada Dua Jalur Pendaftaran, Bisa Online dan Offline

Redaksi author photo

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Halmahera Timur, Rahmawaty Bangsa.

HALTIM, BRN
– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur secara resmi membuka rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK Pemilu 2024.

Ada dua jalur pendafataran disediakan. Yaitu online dan offline. Pelamar yang mendaftar during langsung mengakses aplikasi SIAKBA atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc.

Sedangkan bagi yang mendaftar manual, pelamar bisa mendatangi langsung Kantor KPU Halmahera Timur, di Jalan Tewil, Desa Tewil, Soa Gimalaha, Kecamatan Kota Maba. 

Rahmawaty Bangsa mengatakan, pendaftaran PPK sudah dibuka sejak 20 November dan ditutup pada 29 November 2022. Komisioner yang membidangi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Halmahera Timur ini mengklaim, pendaftaran dengan aplikasi SIAKBA tersebut dapat menarik antusias masyarakat yang lebih besar.

“Karena rekrutmen pemilu pada 2024 sedikit berbeda. Jadi, daerah mana saja yang memiliki akses internet maka bisa melakukan pendaftaran PPK. Kemudian juga mempermudah peserta yang mendaftar dari daerah yang jauh dengan Kantor KPU,” kata Rahmawaty, Senin 21 November.

Agar mempermudah saat pendaftaran, sambung Rahmawaty, KPU Halmahera Timur membukan layanan khusus bagi pelamar yang tidak memiliki jangkauan internet maupun kepada pelamar yang belum memahami cara mengoperasikan SIAKBA.

“Bisa badaftar (mendaftar) mandiri ke kantor KPU. Ada pelayanan khusus untuk aplikasi SIAKBA yang dibuka dan semua oprator sudah siap melayani pendaftaran PPK,” ucapnya. 

“Sesuai tahapan juknis, tes tertulis dilaksanakan pada 5-7 Desember 2022 dan dilakukan secara serentak. Semoga perekrutan PPK animo masyarakat lebih tinggi agar supaya tidak lagi perpanjangan pendafatran. Update pendaftar PPK di Halmahera Timur sudah mencapai lebih dari 50 pelamar,” ujarnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini