Polres Halmahera Timur Serahkan 4 Tersangka Cabul ke Kejari

Redaksi author photo

Ilustrasi.

HALTIM, BRN
- Polres Halmahera Timur menyerahkan empat tersangka kasus pencabulan dan persetubuhan anak di bawah umur.

Penyerahan tersangka sekaligus barang bukti itu dilakukan di Kejaksaan Negeri Halmahera Timur, di Jalan Mes-IV Nomor 3, Soa Gimalaha, Kota Maba. 

Keempat pelaku ini dituntut secara hukum setelah berkas perakaranya dinyatakan lengkap. Mereka masing-masing LL 17 tahun, GAG 15 tahun, RG 21 tahun dan RP 17 tahun.

Kasat Reskrim Polres Halmahera Timur, IPDA. Muhammad Kurniawan mengatakan, para tersangka dan barang bukti dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Halmahera Timur pada Kamis, 10 November lalu. Penyerahan setelah hasil penyidikan berkas perkara dianggap lengkap.

“Pelimpahan perkara ke Kejari Halmahera Timur setelah pemeriksaan saksi dan barang bukti dianggap lengkap,” kata Kurniawan, Sabtu 12 November 2022.

Kurniawan menyatakan, kasus persetubuhan anak di bawah umur menjadi atensi. Pihaknya memproses hukum ke empat tersangka sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami komitmen memproses kasus setiap kasus yang terjadi. Tidak ada kompromi. Kami proses sampai keempat tersangka mendapat efek jerat hukum,” tegasnya.

Atas perbuatan yang dilakukan ke empat tersangka dikenakan Pasal 81 ayat 2 dan Pasal 82 ayat 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini