KONI Maluku Utara Sosialisasi Mekanisme Pemilihan Ketua Umum

Redaksi author photo

Karateker KONI Maluku Utara, Andrie T. U. Soetarno.

TERNATE, BRN - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku Utara melaksanakan rapat koordinasi tentang mekanisme dan tata cara pemilihan ketua KONI yang baru. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Asrama Haji, Kelurahan Ngade, Ternate Selatan, Senin, 21 November.

Karateker Ketua KONI Maluku Utara, Andrie T. U. Soetarno mengatakan, rapat koordinasi diikuti seluruh pengurus KONI kabupaten kota. Ini dalam rangka mengsosialisasikan mekanisme dan tata cara penjaringan, penyaringan maupun persyaratan bakal calon Ketua KONI Maluku Utara.

“Dalam rapat kordinasi tadi, kita hanya sosialisasikan mekanisme, tahapan dan persyaratan bakal calon ketua kepada pengurus KONI di Provinsi Maluku Utara,” ucapnya.

Mengenai persyaratan bakal calon, harus memiliki pengabdian atau pengalaman di dunia olahraga dan mendapat dukungan dari cabang olahraga dan KONI. Syarat lainnya yaitu bebas narkoba, tidak terikat masalah hukum, sehat secara jasmani dan rohani.

“Calon Ketua umum KONI Maluku Utara harus mendapat dukungan 30 persen KONI kabupaten kota dari sembilan KONI kabupaten kota yang memiliki hak suara. Minimal harus dapat tiga dukungan suara. Sedangkan dukungan cabang olahraga minimal 20 persen dari tujuh cabang olahraga yang memberikan hak suara. Dua syarat ini harus terpenuhi, jika tidak berarti itu tidak lulus persyaratan,” sambung Andrie.

Ketua Penjaringan KONI Maluku Utara, Widodo Sigit Pudjianto menambahkan, rapat koordinasi tersebut sekaligus pembentukan tim penjaringan bakal calon.

“Karena itu, bakal calon ketua  umum KONI sudah bisa ambil formulir pendaftaran, karena 28 November pecan depan itu sudah verifikasi berkas dan 1 Desember 2022 kita umumkan siapa yang lolos dan tidak lolos. Sebab, 4 Desember itu sudah musyawarah,” tutupnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini