Polisi Tangkap 3 Pelaku Pemerkosaan Anak di Bawah Umur di Halmahera Timur

Redaksi author photo

Kasat Reskrim Polres Halmahera Timur, IPDA. Muhammad Kurniawan.

HALTIM, BRN
- Tiga terduga pelaku pemerkosa anak di bawah umur di Halmahera Timur berhasil diamankan. Ketiganya ditangkap Personel Unit Resmob Reskrim Wato-wato Polres Halmahera Timur. 

Tiga orang terduga yang ditangkap tersebut adalah papa tua dan paman korban, Mawar (bukan nama sebenarnya). Mawar adalah anak berusia 14 tahun yang menjadi korban syahwat BP, YP dan EP.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Halmahera Timur, IPDA. Muhammad Kurniawan menjelaskan, ketiganya diringkus atas dugaan kasus pemerkosaan anak di bawah umur. Aksi para terduga pelaku sudah dilakukan beberapa kali, terhitung sepanjang Mei sampai Oktober 2022.

“Korban kini didampingi LSM Wahana Visi dan sudah melaporkan kejadian tersebut ke Polres Halmahera Timur yang didampingi beberapa saksi. Setelah kita lakukan penyelidikan periksa saksi dan korban dan melakukan visum tergambar jelas bahwa sudah ada peristiwa pidana yang diduga korban disetubuhi,” kata IPDA Kurniawan, Senin, 17 Oktober 2022.

Setelah memeriksa saksi dan korban, sambung IPDA. Kurniawan, Tim Resmob Polres Halmahera Timur langsung diterjunkan melakukan penyelidikan dan mencari ketiga pelaku.

“Sebelumnya Unit PPA dan Unit Resmob Reskrim Wato-wato melakukan penangkapan terhadap tiga orang terduga pelaku di dua tempat yang berbeda. Dua orang ditangkap di rumah mereka di Desa Bebsili dan satunya lagi ditangkap di Desa Wailukum. Pelaku ditangkap ketika penyelidikan dilakukan dan mengetahui keberadaan mereka,” ucapnya.

Para terduga pelaku pemerkosaan terancam dijerat Pasal 81 ayat 2 dan Pasal 82 ayat 1 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan ke dua atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak. Ketiga pelaku terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini