Nasdem Halmahera Timur Buka Pendaftaran Bacaleg Pekan Ini

Redaksi author photo

Ketua Penjaringan Bacaleg DPD NasDem Halmahera Timur, Mochtar Ibrahim.

HALTIM, BRN
- DPD Partai NasDem Kabupaten Halmahera Timur dalam waktu dekat mulai membuka pendaftaran bakal calon legislatif periode 2024-2029. Sejumlah persiapan pun sudah disiapkan matang.

Rencana penjaringan bacaleg pada Pemilu 2024 ini disampaikan Ketua Bappilu DPD Nasdem Halmahera Timur, Mochtar Ibrahim.

Mochtar mengatakan pendaftaran akan dimulai pada 17 sampai 23 Oktober 2022. Panjaringan dilakukan bersamaan DPD di seluruh Indonesia.

“Secara nasional. Rabu kemarin itu DPD Nasdem Halmahera Timur sudah rapat dan bentuk panitia penjaringan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di 2024,” kata Mochtar, Kamis sore, 13 Oktober 2022.

Dibukanya pendaftaran yang lebih awal ini sudah sesuai instruksi Ketua Umum Nasdem Surya Palo. Pendaftaran dibuka secara luas dan terbuka.

“Bukan kader pun bisa direkrut masuk dalam bursa nanti. Kami buka secara besar-besaran, Nasdem tidak akan menutup diri kepada semua yang bukan anggota partai. Namun apabila perjalanan nanti ada bacaleg non partai, kami verifikasi dan putuskan melalui Bappilu. Baik kader partai maupun non kader sama, kita rektur,” sambungnya.

Mochtar yang ketua panitia bacaleg ini bilang, penjaringan yang dilakukakn kemungkinan diperpanjang, tergantung keterpenuhan kouta 70 persen bacaleg laki-laki dan 30 persen perempuan. Apabila belum terpenuhi, maka ada potensi perpanjangan waktu pendaftaran.

“Kami juga akan lakukan sosialiasasi dan konsolidasi di internal anggota partai tingkat Kabupaten sampai ke Kecamatan dan desa. Tentunya kita sudah persiapkan kuda-kuda menghadapi Pemilu 2024, konsolidasi anggota partai dan simpatisan terus dimatangkan, begitu juga target menambah kursi penuh. Ancang-ancang kami itu sembilan orang di Dapil I dan Dapil II tujuh orang. Kemudian soal 16 orang kader yang iktu bursa akan ditentukan melalui Bappilu dan disesuaikan mekanisme partai apakah mereka layak atau tidak,” katanya. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini