Mentri Abdul Halim Iskandar: Gernas BBI Menjadi Ruang Besar Gelorakan Produk Unggulan Desa

Redaksi author photo
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

TERNATE, BRN - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menutup event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022 di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (13/10/2022). 

Abdul Halim menyampaikan, Gernas BBI tahun 2022 menjadi ruang besar untuk menggelorakan produk-produk unggulan desa. Melalui kegiatan ini, produk BUM Desa maupun UMKM diperkenalkan kepada publik dengan berbagai kegiatan kampanye selama tiga bulan terakhir. 

“Sejumlah aspek penting seperti kesadaran, sikap, dan perilaku dalam menggunakan produk dalam negeri juga terwujud melalui kampanye ini,” ucapnya.

Lanjutnya, melalui Gernas BBI ini kita telah kampanyekan produk Indonesia, produk desa, produk UMKM dan BUM Desa. Telah terbukti kampanye Gernas BBI mampu mengubah tiga aspek penting yaitu, aspek kesadaran (awareness), sikap (attitude), dan perilaku (action).

Selain di lingkungan masyarakat, penggunaan produk desa juga dikampanyekan di kementerian atau lembaga sesuai dengan intruksi Presiden Joko Widodo, salah satunya di Kemendes PDTT. 

Gus Halim melarang penggunaan produk luar negeri di Kantor Kemendes PDTT, penggunaan produk dalam negeri di antaranya dari BUM Desa harus terus digalakkan. Selain itu tidak hanya mencintai, tetapi juga membeli produk dalam negeri. 

"Sekarang di Kemendes PDTT saya haramkan air mineral kemasan dari luar. Semua sugatan (jamuan) maupun seminar kit harus dari BUM Desa. Semua produk UMKM, semua produk Bumdes," terangnya. 

Hal senada juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang menegaskan bahwa penggunaan hasil produksi BUM Desa adalah bagian dari cara memajukan Indonesia. 

"Gernas BBI turut menghadirkan pameran UMKM unggulan serta mengajak masyarakat bertransaksi secara digital. Bumdes menjadi sarana untuk mendorong ekosistem produk lokal dari hulu hingga hilir. Produk Bumdes harus kita optimalkan untuk memajukan masyarakat," ucap Menko Luhut. 

Gernas BBI 2022 telah dimulai sejak Juli dengan pelatihan yang menggandeng banyak pihak. Menjadi serangkaian kampanye, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui usaha kecil termasuk BUM Desa dan BUM Desa bersama,” tutupnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini