Gubernur Abdul Gani Kasuba Buka Festival Literasi Maluku Utara

Redaksi author photo

Pemukulan tifa penanda dibukanya gelaran Festival Literasi Maluku Utara tahun 2022.

SOFIFI, BRN
– Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba membuka kegiatan Festival Literasi tahun 2022. Opening ceremony secara daring ini dilaksanakan di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi, Senin 3 September.

Kegiatan bertujuan mendorong minat baca ini dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.

Gubernur dalam sambutannya memberi apresiasi digelar Festival Literasi yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku Utara.

Ia mengatakan, pendidikan merupakan fondasi paling penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik. Ketertinggalan pendidikan di Maluku Utara salah satu faktornya adalah rendahnya minat baca.

“Jika sumber daya manusia pada suatu daerah berkualitas tinggi, demikian pulalah kualitas kehidupan masyarakatnya. Dengan demikian, gerakan literasi harus selalu dikampanyekan,” katanya.

Pelaksanaan Festival Literasi Maluku Utara adalah langkah positif dan strategis dalam membangkitkan gairah literasi di tengah lesunya minat baca masyarakat.

“Dengan festival ini, maka akan memacu produktivitas dan menciptakan inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” lanjutnya.

Gubernur Maluku Utara dua periode itu berharap, melalui Festival Literasi tersebut, seluruh masyarakat di Maluku Utara dapat meningkatkan semangat berliterasi. Bahwa masyarakat yang teredukasi tentu akan mampu mengembangkan karakter diri, sehingga mampu menjadi generasi emas penyokong kemajuan pembangunan bangsa.

“Hari ini kita juga akan memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya pegiat literasi tentang konsep inovasi Sibua Literasi yang digagas oleh reformer Muliadi Tutupoho. Inovasi ini akan dijadikan sebagai episentrum pergerakan literasi di Maluku Utara,” sebutnya.

Pengamatan brindonews di lokasi kegiatan, pembukaan Festival Literasi dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda Literasi kabupaten kota se-Maluku Utara yang dilakukan langsung Gubernur Maluku Utara yang diwakili Staf Ahli Gubernur Abuhari Hamzah.

Juga penandatanganan MoU antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara dengan Universitas Khairun perihal implementasi gerakan Sibua Literasi atau Sinergitas Budaya Baca Lintas Sektor. 

Kemudian penyerahan SK Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara tentang pembentukan Jojaru dan Ngongare Literasi Sekolah dan penyerahan buku panduan tim penggerak Literasi Jojaru dan Ngongare di sekolah. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini