Disarpus Malut Gelar Lomba Menulis Esai dan Opini

Redaksi author photo
Usuri : Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut (doc : Istimewa)

TERNATE, BRN - Untuk meningkatkan minat baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara menggelar lomba menulis esai dan opini yang berlangsung pada bulan Oktober ini.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Malut, Usuri selaku Panitia mengatakan, lomba ini merupakan rangkaian festival literasi dalam rangka HUT Provinsi Malut ke-23 pada 12 Oktober 2022 yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan minat baca masyarakat. 

“Peserta lomba menulis esai dan menulis opini ini dikhususkan untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat umum di Maluku Utara,” kata Usuri, Selasa (1 1/10/2022).

Lomba tersebut bertemakan “Kolaborasi Antara Stakeholder dalam Mendorong Peningkatan Budaya Baca. Dengan topik atau isu lokal yaitu lingkungan, sosial ekonomi, budaya, dan literasi digital. 

Lanjut Usuri, syarat dan ketentuan dalam penulisan esai dan opini yaitu: (1) Peserta dapat memilih salah satu dari 4 isu lokal tersebut sebagai fokus tulisan; (2) Panjang tulisan maksimal 3 halaman, spasi 1,5, Font Times New Roman, size 11; (3) Tulisan yang dikirim ke panitia harus dikirim juga ke redaksi media Malut Post, Tanda Seru.com, dan Cermat Kumparan.com, serta diposting di facebook masing-masing peserta; (4) Pada sudut kanan atas tulisan, jika esai harap ditulis esai, begitu juga opini; dan (5) menyertakan biodata singkat.

Tulisan dikirm ke Panitia melalui email bakerpusmalut@gmail.com, atau diantar langsung ke Sekretariat Panitia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara di Sofifi. “Tulisan dikirm ke panitia mulai hari ini, tanggal 11-18 Oktober,”singkatnya.  

Tulisan terbaik 25 orang peserta akan diterbitkan menjadi buku. Dari 25 tulisan terbaik itu akan diseleksi lagi menjadi 5 terbaik, dan peserta yang masuk lima terbaik akan mempresentasekan tulisannya di hadapan Dewan Juri.   

“Peserta yang Juara 1 diberikan hadiah sebesar Rp 3.000.000, Juara 2 Rp 2.500.000, Juara 3 Rp 2.250.000, Juara Harapan 1 Rp 2.000.000, dan Juara Harapan 2 sebesar Rp 1.500.000,”ungkap Sul sapaan akrabnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini