Dewan Pers Apresiasi Semangat PJS

Redaksi author photo

Foto bersama.

JAKARTA
- Dewan Pers menyambut baik kehadiran Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) yang memiliki tujuan meningkatkan pendidikan jurnalis. Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya, mengapresiasi semangat jurnalis kompeten dan profesional yang didorong PJS.

Agung Dharmajaya mengatakan, organisasi manapun yang memiliki tujuan untuk mendorong kebebasan pers yang sejalan dengan tujuan dan cita-cita dewan harus didukung.

“Kami mengapresiasi kepada siapapun itu organisasi yang mendorong kemerdekaan dan kebebasan pers. Disitu PJS mengambil peran dimana mendorong dan meningkatkan jurnalis siber agar tunduk dan patuh terhadap kode etik jurnalistik,” kata Agung saat menerima audiensi dengan PJS di Gedung Dewan Pers, Kamis, 20 Oktober.

Dewan Pers, lanjut Agung, membuka peluang sebesar-besarnya kepada organisasi manapun yang ingin menjadi organisasi profesional dengan memenuhi ketentuan dari Dewan Pers.

“Menjadi konstituen tentunya ada aturan dan ketentuan, sepanjang ketentuan dan aturan yang berlaku maka rasanya memungkinkan menjadi konstituen Dewan Pers,” katanya.

Pelaksana Tugas Ketua Umum PJS, Mahmud Marhaba menjelaskan, dibentuknya PJS berangkat persepsi dan visi yang sama. Termasuk memberikan dalam merekrut anggota yang bukan dari organisasi sejenis.

“Kami telah membuat kesepakatan jika seluruh anggota PJS adalah mereka yang bukan merupakan anggota dari organisasi pers yang sejenis, sehingga kehadiran PJS di tengah-tengah masyarakat tidak menimbulkan kegaduhan,” tegas Mahmud yang didampingi Ketua Panitia Munas I PJS, Ridwan Mooduto bersama anggota panitia lainnya.

Mahmud yang juga Ahli Pers Dewan Pers itu mengatakan, PJS siap mendukung tujuan dan cita-cita Dewan Pers yaitu menjadikan jurnalis kompeten dan profesional.

“Kehadiran PJS tentunya mau bergandengan tangan mendukung dan bersama-sama dengan Dewan Pers untuk mewujudkan jurnalis yang baik dan benar, bukan hanya sekedar memahami kaidah penulisan berita, tetapi jauh dari itu adalah menjadikan jurnalis yang berintegritas yang mampu menjaga marwah pers secara keseluruhan,” tegas Mahmud sembari mengingatkan jika roh dari PJS adalah pendidikan dan pelatihan menuju jurnalis kompeten.

Mahmud meminta Dewan Pers dapat menghadiri Munas I PJS yang rencananya digelar pada akhir bulan November 2022. Kehadiran Dewan Pers memberikan penguatan materi Kode Etik Jurnalistik bagi anggota PJS yang bakal hadir dari seluruh wilayah nusantara. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini